Wonderful NTB Fashion Week mengangkat kearifan lokal karya UMKM

id fashion,week,udayana

Wonderful NTB Fashion Week mengangkat kearifan lokal karya UMKM

Sejumlah model catwalk Wonderful NTB Fashion Week memperkenalkan berbagai rancangan busana, aksesoris fashion khas produk UMKM lokal di depan Hotel Mandani saat kegiatan Car Free Day Jalan Udayana Kota Mataram, Minggu (7/8-2022). (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Ini merupakan kegiatan fashion show dengan konsep street fashion yang bertemakan casual dan sporty
Mataram (ANTARA) - Wonderful NTB Fashion Week yang digelar OK Oce Indonesia di area Car Free Day Jalan Udayana, Mataram, Minggu (7/8) pagi, menjadi ajang promosi mengangkat kearifan lokal melalui seni dan kreativitas hasil karya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini.

Salah satu penggerak OK Oce Wonderful NTB Henda Apriyan yang ditemui di sela kegiatan kepada ANTARA, mengatakan, kegiatan Wonderful NTB (Nusa Tenggara Barat) Fashion Week merupakan kegiatan pertama OK Oce Indonesia yang beranggotakan para UMKM Alumni Widuri (Wirausaha Digital Mandiri) Kemenparekraf 2021, dengan melibatkan sekitar 10 pelaku UMKM lokal.

"Ini merupakan kegiatan fashion show dengan konsep street fashion yang bertemakan casual dan sporty," katanya.

Baca juga: Wonderful NTB Fashion Week digelar di CFD Mataram

Karenanya, untuk mempromosikan berbagai hasil produk UMKM berupa busana khususnya tenun, aksesoris fashion berupa mutiara, dan produk UMKM lokal NTB lainnya, dilibatkan lima model catwalk.

Selain itu, UMKM dalam bidang kuliner juga terlibat, termasuk pelaku usaha dari videografis, serta mendatangkan bintang tamu "Asal" yang merupakan desainer lokal NTB.

Dalam kegiatan tersebut OK Oce Indonesia juga membuka pojok konseling psikolog melibatkan tim dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma yang membuka stan dan siap melayani konsultasi kepada para pengunjung serta pemeriksaan kesehatan.

Beberapa produk ekraf yang turut meramaikan kegiatan ini antara lain SEKARDIU, Kinasih Gallery, Uniwis, Oktina Mutiara Jewerly, Kedai Guerame, Roti Sere.

"Jadi dalam satu kegiatan, kita bisa melakukan banyak hal untuk mempromosikan berbagai seni dan budaya kearifan lokal hasil karya UMKM NTB," katanya.

Henda mengatakan, dengan melihat antusias peserta, pelaku UMKM, serta masyarakat dalam kegiatan Wonderful NTB Fashion Week hari ini, kemungkinan kegiatan ini akan dijadawalkan setiap minggu.

"Untuk lokasi akan kita tetapkan kemudian. Kesuksesan kegiatan hari ini akan kita sampaikan ke Ketua OK Oce Indonesia Sarinda Farid Rifky yang tidak bisa hadir karena ada tugas keluar daerah," katanya.