Dinas Pariwisata Mataram Kota NTB akan gelar Festival Mutiara

id mutiara,dispar,mataram

Dinas Pariwisata Mataram Kota NTB akan gelar Festival Mutiara

Ilustrasi: koleksi mutiara perajin Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan menggelar Festival Mutiara Mataram atau "Mataram Pearl Festival" pada 26-28 Agustus 2022 di Lapangan Sangkareang, untuk membangkitkan dan memotivasi para perajin mutiara agar lebih inovatif dan kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Rabu, mengatakan, festival mutiara akan melibatkan antara 20 hingga 25 perajin mutiara di daerah ini. "Kegiatan juga akan dirangkaikan dengan lelang mutiara yang pesertanya ada dari luar negeri yakni Jepang dan Korea di Hotel Santika pada Sabtu (27/8)," kata Denny.

Ia mengatakan, selain untuk memotivasi para perajin agar lebih inovatif dan kreatif, festival mutiara ini sekaligus menjadi ajang promosi, transaksi, serta membuka jaringan kerja sama dengan pengusaha lainnya. "Kegiatan 'Mataram Pearl Festival' juga menyambut dan menyemarakkan HUT ke-29 Kota Mataram pada 31 Agustus 2022," kata Denny.

Dikatakan, beberapa rangkaian kegiatan yang akan digelar selama festival mutiara antara lain, pameran dan bazar mutiara, demo produk mutiara, "talkshow" mutiara, lelang mutiara, live music, lomba fashion show, dan Mataram fashion week.

Baca juga: ITDC sambut penyelenggaraan kegiatan musik di The Nusa Dua
Baca juga: Menkominfo minta tingkatkan kualitas produk UMKM Labuan Bajo


Selain itu, tambah Denny, bersamaan dengan penutupan festival mutiara tanggal 28 Agustus di Taman Loang Baloq akan digelar pesona budaya, serta berbagai hiburan rakyat dari pagi sampai malam.

Kegiatan hiburan itu dikemas dalam acara "sunrise to sunset" sebab acaranya dari pagi pukul 07.00 Wita sampai malam pukul 22.00 Wita menghadirkan band-band lokal. "Kegiatan itu untuk menghibur masyarakat serta merasakan semangat HUT ke-29 Kota Mataram, karenanya masyarakat bisa dinikmati hiburan tersebut secara gratis di Taman Loang Baloq," kata Denny.