Belum bayar gaji Kadus, rekening Desa Gemel diblokir

id Desa Gemel,Gamel

Belum bayar gaji Kadus, rekening Desa Gemel diblokir

Istimewa

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Rekening Desa Gemel, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat diblokir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat, karena Kepala Desa belum membayar gaji Kepala Dusun dan staf di desa setempat sejak 3 bulan terakhir.

"Memang rekening Desa Gemel masih kita blokir," kata Kadis DPMD Lombok Tengah, Zaenal Mustakim di Praya, Selasa. 

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan Kepala Desa Gemel untuk melunasi kewajibannya untuk membayar gaji perangkat desa, sebagai syarat dibukanya blokir rekening desa tersebut. 

"Kita blokir sementara dan memberikan waktu untuk melunasi semua pembayaran, karena merupakan kewajibannya," katanya. 

Ia menegaskan, pihaknya memberikan kesempatan, agar pembayaran tersebut dilakukan secara kekeluargaan, sehingga program Desa bisa berlanjut dan masyarakat tidak dirugikan atas kebijakan Kades tersebut belum membayar gaji perangkat desa. 

"Ini dilakukan sebagai pendampingan dan selaku pengendali agar segera dituntaskan persoalan yang telah dilaporkan warga tersebut," katanya. 

Pembayaran gaji Kepala Dusun itu diberikan setiap bulan, karena sudah ada anggaran khusus yang disediakan pemerintah. Sehingga apa yang dilakukan Kades Gemel itu tentunya telah menyalahi aturan yang berlaku. 

"Iya bisa dibilang sudah menyalahi aturan," katanya. 

Untuk diketahui bahwa pembayaran gaji Kadus, Staf, Kaur dan Sekretaris Desa tidak dilakukan oleh Kepala Desa sejak 3 bulan terakhir, sehingga pelayanan di desa setempat cukup terganggu.