Maulid Nabi, Pemuda Sopan Lombok Tengah gelar lomba Islami

id Maulid Nabi

Maulid Nabi,  Pemuda Sopan Lombok Tengah gelar lomba Islami

Pemuda Sopok Angen (Sopan) Dusun Bunceman, Desa Gemel, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menggelar berbagai perlombaan islami untuk untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah. 

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemuda Sopok Angen (Sopan) Dusun Bunceman, Desa Gemel, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menggelar berbagai perlombaan islami untuk untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah. 

Pembukaan perlombaan tersebut berlangsung semarak bila dibandingkan saat pandemi Covid-19, karena dimeriahkan oleh penampilan musik hadroh dan kegiatan keagamaan lainnya. 

Ketua Panitia, Furqon mengatakan, kegiatan perlombaan dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 2022 ini dilaksanakan atas partisipasi dari masyarakat dan semangat generasi muda dalam memperingati hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang bertujuan mewujud nyatakan cinta kasih kepada baginda Nabi. 

"Maulid ini juga momentum memperbarui tekad. Bagimana menjalankan apa yang disunahkan nabi," kata saat acara pembukaan di Masjid Nurul Iman, Selasa Malam. 

Meski perayaan Maulid tahun ini secara sedehana namun esensi tidak berkurang. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan berupa lomba keagamaan seperti tahfiz, ayat-ayat pendek, Lomba azan, cerdas cermat. Selain itu ada lomba umum seperti sepak bola, bulu tangkis, panjat pinang dan zikir dan doa.

"Kita peringati secara sederhana, namun esensi dari Maulid ini tidak berkurang," katanya.

Nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan bagi umat Muslim. Hari kelahirannya menjadi salah satu perayaan hari besar bagi agama Islam. 

"Mari kita menjadikan Rasullullah sebagai suri tauladan sepajang hajat untuk mewujudkan generasi yang akhlakul kariman," katanya. 

Kepala Dusun Bunceman, Japar menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada masyarakat yang telah mendukung kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SWA. Kepada para peserta lomba untuk tetap menjunjung sportifitas, sehingga kegiatan ini berjalan sesuai dengan harapan. 

"Semoga kegiatan ini setiap tahun bisa dilaksanakan," katanya.