Penyaluran TKDD triwulan III Sulsel capai Rp21,66 triliun

id djpb, Kemenkeu, tkdd Sulsel,Dau, dbh

Penyaluran TKDD triwulan III Sulsel capai Rp21,66 triliun

Kepala Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulsel Syaiful saat merilis kondisi fiskal, moneter dan sosial regional Sulawesi Selatan pada triwulan III 2022 di Makassar, Selasa (1/11/2022). ANTARA/Muh Hasanuddin

Makassar (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan mencatat realisasi penyaluran transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) di Provinsi Sulsel hingga triwulan III 2022 mencapai Rp21,66 triliun atau 74,12 persen dari pagu Rp29,22 triliun.

Kepala Kantor Wilayah DJPb Sulsel Syaiful di Makassar, Selasa, mengatakan kontribusi terbesar dalam TKDD itu terletak di dana alokasi umum (DAU). "Kontribusi terbesar adalah DAU sebesar Rp14,3 triliun. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp14,2 triliun," ujarnya.

Syaiful mengemukakan, untuk dana bagi hasil (DBH) sebesar Rp560,86 miliar atau lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni di angka Rp651,66 miliar. Ia menjelaskan, dari sisi kinerja dana bagi hasil (DBH) memiliki kinerja yang lebih rendah karena di September 2021 terdapat percepatan penyaluran kurang bayar.

Dia menyebutkan, dari realisasi pendapatan APBD Sulsel hingga triwulan III 2022 sebesar Rp27,6 triliun. Di mana dari APBD itu masih didominasi oleh komponen TKDD sebesar Rp21,66 triliun. "Ini menunjukkan jika dukungan dana pusat melalui TKDD masih menjadi faktor dominan untuk pendanaan pada provinsi Sulsel," katanya.

Sementara, pada DAK fisik terealisasi Rp1,3 triliun atau lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama 2021 sebesar Rp1,1 triliun. Sedangkan, untuk DAK nonfisik terealisasi Rp3,5 triliun atau lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp3,6 triliun. "Untuk DAK fisik triwulan III 2022 lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya karena adanya percepatan penyaluran," terangnya.

Baca juga: Penerima kredit UMi di NTT bertambah 6.536 debitur
Baca juga: Realisasi penyaluran TKDD di Sulsel capai Rp19,23 triliun


Selain itu, Syaiful mengatakan jika penyaluran dana desa pada September 2022 terealisasi sebesar Rp1,6 triliun atau lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp1,7 triliun. "Untuk penyaluran dana desa periode September tahun ini sedikit lebih baik karena di periode yang sama tahun sebelumnya itu ada akselerasi penyaluran oleh KPPN lingkup Sulsel dalam rangka penanganan pandemi COVID-19," ucapnya.