Presiden Jokowi perintahkan bentuk gugus tugas percepat perundingan IEU-CEPA

id ieu cepa,airlangga hartarto,menko perekonomian ,kerja sama indonesia uni eropa,presiden jokowi

Presiden Jokowi perintahkan bentuk gugus tugas percepat perundingan IEU-CEPA

Presiden RI Joko Widodo (kanan) saat memimpin rapat kabinet terbatas tentang ekspor dan investasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/1/2023). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk membentuk gugus tugas guna mempercepat perundingan perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif antara Indonesia dengan Uni Eropa (Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement/IEU CEPA).

Menurut Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas tentang ekspor dan investasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

"Dengan Uni Eropa kita diharapkan menyelesaikan CEPA, Bapak Presiden minta segera dibuatkan task force (gugus tugas) agar bisa segera ditandatangani tahun ini," kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangan pers selepas rapat. Menko Airlangga Hartarto menyampaikan Presiden Jokowi juga sudah berkomunikasi langsung dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, yang diharapkan dapat memuluskan proses perundingan IEU-CEPA.

Selain itu, kata dia, Indonesia juga akan menjadi negara mitra tuan rumah Hannover Messe 2023, pameran industri internasional tahunan yang biasanya digelar pada musim semi di Jerman. Peranan itu diharapkan pula dapat turut membantu proses perundingan IEU-CEPA.

Menko Perekonomian menegaskan IEU-CEPA sangat penting dalam upaya meningkatkan perdagangan Indonesia-Uni Eropa. "Beberapa komoditas kita, terutama TPT (Tekstil dan Produk Tekstil) masih terkena bea masuk sebesar 10-12 persen, sedangkan Vietnam dan Bangladesh nol persen. Jadi (IEU-CEPA) ini menjadi prioritas dari pemerintah," ujar Menko Airlangga Hartarto.

Baca juga: Presiden nikmati Sabtu malam berkeliling Malioboro naik andong
Baca juga: Presiden Jokowi beri sinyal lagi terkait "reshuffle" kabinet


Berdasarkan capaian nilai perdagangan per November 2022  ia mengatakan Uni Eropa telah menyumbang sebesar 19,6 miliar dolar AS dari total ekspor Indonesia. Inisiatif IEU-CEPA diluncurkan sejak 18 Juli 2016 dan telah melakoni sedikitnya 12 putaran perundingan yang terakhir kali dilakukan pada Desember 2022. Perundingan putaran ke-12 tersebut ditandai dengan keberhasilan penyelesaian secara substansi pengaturan jasa keuangan di bawah kerangka perdagangan jasa.

Selain itu Indonesia dan Uni Eropa mencapai kemajuan dalam pembahasan berbagai isu, terutama di bidang ketentuan asal barang dan hambatan teknis perdagangan pada putaran ke-12 IEU-CEPA.