Pemberantasan geng motor jadi fokus perhatian Polres Sukabumi

id Jumat Curhat,Polres Sukabumi Kota ,Kota Sukabumi,Geng Motor

Pemberantasan geng motor jadi fokus perhatian Polres Sukabumi

Kegiatan Jumat Curhat yang dihadiri Pelaksana Harian Kapolsek Warudoyong AKP Iman Retno bersama para tokoh pemuda dan masyarakat serta pengurus RT/RW di Kecamatan Warudoyong, Jumat (3/2/2023). Antara/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Pemberantasan geng motor menjadi fokus perhatian dari Polres Sukabumi Kota, Jawa Barat, karena banyaknya pengaduan dari masyarakat merasa resah dengan keberadaan berandal bermotor tersebut.

"Banyak pengaduan dari warga yang mengeluhkan aksi  geng motor karena sangat meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, kami menginstruksikan kepada seluruh jajaran polisi untuk fokus pada pemberantasan keberadaan geng motor itu," Kasat Binmas Polres Sukabumi Kota yang juga menjabat sebagai Pelaksana Harian Kapolsek Warudoyong AKP Iman Retno usai menggelar "Jumat Curhat' di Kota Sukabumi, Jumat.

Menurut Iman, pada kegiatan Jumat Curhat ini pihaknya mengundang sejumlah pengurus rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) untuk memberikan masukan kepada pihak kepolisian terkait kegiatan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtimbas).

Pada pertemuan itu, kata dia, banyak masukan dari masyarakat, di antaranya mayoritas warga mengeluhkan keberadaan geng motor, sehingga pihaknya menjadikan fokus perhatian, apalagi adanya warga yang khawatir beraktivitas di luar rumah pada malam hari. "Para anggota geng motor ini tidak segan melakukan penganiayaan dan melukai korban, bahkan aksi mereka dilakukan secara acak, sehingga siapapun bisa menjadi korbannya," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya aksi geng motor tersebut, kata Iman, pihaknya meningkatkan kegiatan preventif dan preemtif kepolisian untuk mencegah berbagai potensi gangguan kamtibmas. "Salah satu upaya pencegahan yakni melaksanakan patroli rutin pascakegiatan belajar mengajar (KBM) maupun berpatroli ke seluruh titik untuk memberikan rasa aman nyaman kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Polisi selidiki video aksi geng motor bersenjata tajam
Baca juga: Geng motor serang polisi saat membubarkan balap liar di Jakarta Selatan


Ia juga meminta masyarakat untuk berperan aktif dalam memberikan berbagai informasi terkait kamtibmas, agar jika terjadi gangguan keamanan seperti aksi geng motor bisa segera ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

Iman berharap peran serta masyarakat dalam memelihara situasi kamtibmas sangat dibutuhkan, baik dengan menggiatkan kembali ronda malam maupun memberikan informasi seputar kamtibmas yang anda di lingkungannya.