Kekuatan masyarakat diperlukan untuk kesuksesan Pemilu 2024

id Ketua PP Muhammadiyah ,Haedar Nashir ,Kekuatan masyarakat untuk Pemilu

Kekuatan masyarakat diperlukan untuk kesuksesan Pemilu 2024

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat menerima kunjungan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) untuk Pemilu 2024 di kediamannya di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (20/2/2023). ANTARA/Hery Sidik.

Bantul (ANTARA) - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan bahwa kekuatan masyarakat di seluruh Indonesia diperlukan untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan pemilu serentak yang digelar pada 14 Februari 2024.

"Pesan kami seluruh warga masyarakat, kekuatan-kekuatan masyarakat perlu mendukung penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan KPU, diawasi Bawaslu agar berjalan sebagaimana mestinya sesuai jadwal pada 14 Februari 2024," kata Haedar di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin.

Ketua Umum PP Muhammadiyah mengatakan itu di kediamannya, usai menerima kunjungan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) Pemilu 2024 yang didampingi langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bantul Didik Joko Nugroho, dan Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan.

Haedar juga mengimbau dan mengajak dengan seksama dan penuh dengan pengharapan yang tinggi agar seluruh warga negara khususnya di Kabupaten Bantul dan DIY yang sudah punya hak pilih untuk memastikan bahwa dia terdaftar sebagai pemilih Pemilu 2024.

"Sekaligus nanti berpartisipasi menjadi pemilih yang baik, pemilu milik bersama, KPU, Bawaslu itu melayani dan mengawasi jalan pelaksanaannya, tetapi kunci keberhasilan pemilu itu terletak pada warga negara yang memiliki kesadaran untuk memilih," katanya.

Haedar juga berharap, masyarakat menggunakan hak pilih untuk memilih pemimpin yang tentu dengan literasi yang tinggi, dan dengan pertanggungjawaban yang tinggi. "Jangan memilih asal memilih, soal pilihan mau siapa, mau apa, itu tentu hak masing-masing warga negara. Tetapi semuanya perlu dengan pertanggungjawaban yang tinggi," katanya.

Baca juga: Muhammadiyah perlu beri perhatian pada AI demi dakwah
Baca juga: Perawat gunting jari bayi di Palembang dinonaktifkan


Dalam kesempatan itu Ketua Umum PP Muhammadiyah beserta istri telah resmi terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2024. Haedar juga berpesan, agar petugas pantarlih dari KPU menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh pertanggungjawaban.

"Saya selaku warga negara menyampaikan terima kasih kepada KPU, Bawaslu atas kerja kerasnya yang sekarang sudah masuk pada fase coklit. Ini merupakan kerja yang tidak mudah, apalagi untuk pemilu serentak, maka proses ini tentu akan dijalani dengan sungguh-sungguh, seksama dan penuh pertanggungjawaban yang tidak ringan," katanya.