PT STM mengucurkan Rp1,6 triliun lanjutkan eksplorasi tambang emas Dompu

id PT Sumbawa Timur Mining Tambang Emas Dompu,Eksplorasi Tambang Emas Blok Onto Dompu,NTB,Emas,Tambang Tembaga dan Emas Dom

PT STM mengucurkan Rp1,6 triliun lanjutkan eksplorasi tambang emas Dompu

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, Mohammad Rum. (ANTARA/Nur Imansyah).

sebelum memastikan mengeksploitasi Blok Onto tersebut, PT STM ingin membangun pembangkit listrik sendiri
Mataram (ANTARA) - PT Sumbawa Timur Mining (STM) mengucurkan anggaran mencapai Rp1,6 triliun untuk melanjutkan eksplorasi tambang emas dan tembaga di Blok Onto, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat.

"Sekarang PT STM masih eksplorasi. Di dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang kita lihat itu mereka mengeluarkan biaya cukup besar sampai Rp1,6 triliun untuk rencana investasi 2023," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, Mohammad Rum di Mataram, Jumat.

Rum mengaku meski PT STM menginvestasikan dana sebesar Rp1,6 triliun untuk eksplorasi, namun pihaknya belum dapat memastikan sampai kapan Blok Onto di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu tersebut baru bisa dieksploitasi atau ditambang oleh PT STM.

"Kapan eksploitasi belum tahu. Tapi rencananya 2030. Karena untuk eksplorasi ini butuh waktu lama, pekerjaannya juga besar. Jadi tidak bisa disamakan seperti membuat gedung," terangnya.

Menurut Rum, sebelum memastikan mengeksploitasi Blok Onto tersebut, PT STM ingin membangun pembangkit listrik sendiri. Di mana di wilayah itu juga tersimpan energi panas bumi atau geotermal, sehingga diharapkan melalui energi panas bumi tersebut kebutuhan listrik untuk kegiatan pertambangan bisa terpenuhi.

"Potensi panas bumi di tempat itu sampai 200 megawatt. Tetapi kemungkinan mereka ambil sedikit sekitar 30 megawatt untuk konsumsi sendiri, karena jika di jual keluar mereka harus bekerjasama dengan PLN," katanya.

PT STM merupakan pemegang Kontrak Karya (KK) pertambangan tembaga dan emas di Tambang Onto, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, NTB. Saat ini PT. STM sedang melakukan eksplorasi di wilayah itu.