Baznas Mataram menyalurkan bantuan Rp2 miliar kepada fakir miskin

id Mataram,baznas,Mustahik

Baznas Mataram menyalurkan bantuan Rp2 miliar kepada fakir miskin

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana (kiri) menyerahkan bantuan kepada mustahik di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyalurkan bantuan sebesar Rp2 miliar kepada 8.400 orang fakir miskin yang diambil dari 50 kelurahan se-Kota Mataram.

Kegiatan penyerahan bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana didampingi Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram H Djaswad di Aula Pendopo Wali Kota Mataram, di Mataram, Selasa.

Dalam kesempatan itu, Ketua Baznas Kota Mataram Djaswad mengatakan, bantuan bagi fakir miskin ini, setiap orang mendapatkan Rp100.000, yang akan disalurkan melalui kelurahan masing-masing.  

"Hari ini kita serahkan secara simbolis, selanjutnya pendistribusian dilakukan melalui masing-masing kelurahan," katanya.

Selain itu santunan juga diberikan kepada 776 petugas kebersihan, 300 orang petugas drainase yang masing-masing mendapatkan Rp150.000. Kemudian ada juga bantuan kepada kalangan lanjut usia (lansia) miskin sebanyak 250 orang dengan bantuan Rp300.000 untuk satu lansia.

"Kami juga akan memberikan bantuan kepada 250 orang marbot masjid masing-masing Rp500 ribu, serta bantuan-bantuan lainnya sehingga total menjadi Rp2 miliar," katanya.

Menurut Djaswad, bantuan yang akan diberikan kepada para mustahik tersebut bersifat konsumtif sehingga tidak ada pengawasan terhadap penggunaan bantuan tersebut.

"Mustahik bisa menggunakan bantuan untuk kepentingan masing-masing sesuai kebutuhan. Harapan kami, bantuan bisa dimanfaatkan untuk membantu pemenuhan kebutuhan menyambut hari kemenangan," katanya.

Djaswad menambahkan, bantuan yang diberikan hari ini bersumber dari ZIS aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kota Mataram, yang setiap bulan dipotong dan dihimpun setiap bulan untuk mendukung berbagai program Pemerintah Kota Mataram dalam berbagai bidang.

"Baik itu bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, termasuk permukiman melalui program pemugaran rumah tidak layak huni," katanya.

Sementara Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana dalam kesempatan itu, berharap bantuan yang diberikan bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

"Saya mengapresiasi kerja dari Baznas Kota Mataram yang sudah menghimpun dana dari para muzaki, hingga hari ini bisa kita manfaatkan secara maksimal dan terdistribusi dengan baik kepada orang-orang yang memang tepat sebagai penerima manfaat," katanya.