Bareskrim Polri tangkap peneliti BRIN terkait 'ancaman terhadap warga Muhammadiyah'

id peneliti BRIN ancam Muhammadiyah,Muhammadiyah,AP Hasanuddin,Andi Pangerang Hasanuddin,Bareskrim Polri

Bareskrim Polri tangkap peneliti BRIN terkait 'ancaman terhadap warga Muhammadiyah'

Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah usai melayangkan laporan polisi terkait fitnah, pencemaran nama baik, dan ujaran kebencian dengan terlapor peneliti BRIN, laporan dibuat di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (25/4/2023). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Mataram (ANTARA) - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri membawa peneliti BRIN AP Hasanuddin ke Mabes Polri Jakarta setelah ditangkap di Jombang, Jawa Timur, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya terkait dugaan ujaran kebencian yang dilaporkan Muhammadiyah.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho, di Jakarta, Minggu, mengatakan saat ini AP Hasanuddin dalam proses evakuasi dari Jombang ke Bareskrim Jakarta.

“Infonya demikian, saat ini sedang proses evakuasi ke Jakarta,” kata Sandi.

Baca juga: Peneliti BRIN ditangkap Bareskrim Polri di Jombang

AP Hasanuddin ditangkap di Jombang Minggu siang atas dugaan tindak pidana ujaran kebencian terhadap individu/kelompok tertentu berdasarkan SARA dan/atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi dengan pasal persangkaan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) dan/atau Pasal 29 juncto Pasal 45B Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Sandi menyebut saat ini pihaknya masih menunggu perkembangan informasi terkait pemberangkatan AP Hasanuddin dari Jombang ke Jakarta.

“'Update'-nya sedang kami tunggu,” ujar Sandi.

Sementara itu, Direktur Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol. Adi Vivid A Bactiar menyebut AP Hasanuddin dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan.

“Betul (dibawa ke Jakarta),” kata Vivid.