Mutasi 172 perwira TNI: termasuk Pangkogabwilhan III serta Danpuspom

id Mutasi Perwira TNI,Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memutasi,TNI,Pangkogabwilhan III,Danpuspom TNI,Mutasi TNI

Mutasi 172 perwira TNI: termasuk Pangkogabwilhan III serta Danpuspom

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memberikan keterangan usai proses proses evakuasi korban di Lanud Yohanis Kapiyau Mimika,Papua Tengah, Selasa (18/4/2023). Panglima menegaskan proses evakuasi terhadap Pratu Miftahul Arifin yang gugur akibat serangan kelompok separatis teroris (KST) dan berada di jurang sedalam 15 meter akan dilanjutkan pada Rabu 19 April 2023. ANTARA FOTO/Yoseph/aww.

Mataram (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memutasi dan memberikan promosi jabatan kepada 172 perwira TNI, di antaranya Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih, dan Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI.

Mutasi dan promosi ratusan perwira itu tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/426/IV/2023 yang diteken oleh Laksamana Yudo pada 27 April 2023 sebagaimana dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

“Penetapan sesuai tanggal (ditekennya) surat keputusan,” kata Laksda Julius di Jakarta, Rabu.

Dalam SKEP itu, dua jenderal bintang tiga yaitu Letjen TNI I Nyoman Cantiasa dimutasi dari Pangkogabwilhan III menjadi Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kepala Staf TNI Angkatan Darat, sementara Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang sebelumnya Koorsahli Kasad dipindah menjadi perwira tinggi Mabes TNI AD.

Posisi Pangkogabwilhan III pun diisi oleh Mayjen TNI Agus Suhardi, yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI.

Di jajaran jenderal bintang dua lainnya, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dimutasi dari Pangdam XVII/Cenderawasih menjadi Perwira Staf Ahli Tingkat III Kasad Bidang Sosial, Budaya, Hukum, HAM, dan Narkoba. Posisi Pangdam XVII/Cenderawasih saat ini diisi oleh Mayjen TNI Izak Pangemanan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf (Kas) Kogabwilhan III.

Di jajaran perwira TNI Angkatan Laut, Laksda TNI Edwin juga kena rotasi dari Danpuspom TNI menjadi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).

Oleh karena itu, Laksda TNI Yayan Sofiyan, yang sebelumnya menjabat Pangkolinlamil, saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal).

Posisi Danpuspom TNI pun diisi oleh Marsekal Muda (Marsda) TNI R. Agung Handoko yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal TNI AU (Irjenau).