KPU Lombok Tengah: 5 parpol belum daftar

id KPU Lombok Tengah ,Pendaftaran Caleg DPRD Lombok Tengah,parpol di Lombok Tengah,Parpol belum daftar,bakal caleg di Lombok Tengah,lombok tengah

KPU Lombok Tengah: 5 parpol belum daftar

KPU Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat saat menerima pendaftaran bakal caleg dari salah satu parpol, Minggu (14/5/2023) ANTARA/Akhyar

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menyatakan dari 18 partai politik (parpol) yang menjadi peserta Pemilu 2024 sebanyak 13 parpol telah melakukan pendaftaran bakal calon legislatif (caleg) DPRD di daerah setempat.

"Lima parpol dijadwalkan melakukan pendaftaran sore ini (Minggu,red) pukul 16.00 WITA," kata Ketua KPU Lombok Tengah, Lalu Darmawan, di Praya, Minggu.

Ia mengatakan, 13 parpol yang telah melakukan pendaftaran bakal caleg untuk Pemilu 2024 dan berkas yang diajukan dinyatakan lengkap yakni PKS, PDI Perjuangan, NasDem, PAN, PSI, PPP, Golkar, PBB, Demokrat, Gerindra, Hanura, PKN dan PKB.

Sedangkan 5 parpol yang belum dan dijadwalkan melakukan pendaftaran bakal caleg di hari terakhir batas pendaftaran yakni Partai Buruh, Garuda, Ummat, Perindo dan Gelora. "Pendaftaran ditutup tanggal 14 Mei pukul 23.59 WITA," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya siap melayani pendaftaran bakal caleg untuk Pemilu 2024 sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan sesuai dengan aturan.

"Kapanpun mereka datang melakukan pendaftaran, kita tetap siap menerima sampai pukul 23.59 WITA," ucapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah, telah menetapkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Jumlah DPSHP Pemilu 2024 di Lombok Tengah mencapai 774.813 pemilih," kata Ketua KPU Kabupaten Lombok Tengah.

Ia mengatakan, jumlah DPSHP Kabupaten Lombok Tengah mengalami pengurangan sebanyak 3824 pemilih bila dibandingkan dengan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) yang telah ditetapkan sebanyak 778.637 pemilih.

"Ada pengurangan jumlah pemilih sementara sebanyak 3824 pemilih," ujarnya.