Tingkatkan SDM, NTB jajaki kerja sama dengan universitas di Malaysia

id pendidikan NTB,kerja sama NTB,NTB Malaysia,Tingkatkan SDM, NTB jajaki kerja sama dengan universitas di Malaysia, Universitas di NTB, NTB

Tingkatkan SDM, NTB jajaki kerja sama dengan universitas di Malaysia

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi NTB Amry Rakhman. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjajaki kerja sama di bidang pendidikan dengan universitas-universitas di Malaysia. "Ada peluang kerja sama antara kampus di Malaysia dan kampus-kampus di NTB. Selanjutnya ada juga peluang beasiswa yang ditawarkan dari Malaysia untuk mahasiswa di NTB," kata Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi NTB Amry Rakhman di Kota Mataram, Senin.

Ia menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi NTB menjalin komunikasi dengan kementerian pendidikan tinggi dan perguruan tinggi di Malaysia. "Ada kerja sama dengan beberapa kampus yang sudah terjalin selama ini, ada kampus lain yang berpeluang dikerjasamakan dengan NTB," katanya.

Ia mengatakan bahwa Albukhary International University di Malaysia sejak tahun lalu memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa asal NTB yang menempuh pendidikan S1 di sana. Gubernur NTB Zulkieflimansyah, menurut dia, berupaya memantapkan kerja sama dengan universitas tersebut saat melakukan kunjungan kerja di Malaysia beberapa waktu lalu.

Baca juga: Unram dengan Maejo University Thailand kerja sama penelitian SDM
Baca juga: Loteng kerja sama dengan Universitas Dr. Soetomo tingkatkan IPM


Amry menyampaikan bahwa sekitar 400 mahasiswa asal NTB dikirim untuk belajar ke Malaysia melalui Program Seribu Cendikia dan pemerintah daerah mengupayakan beasiswa untuk mereka.

Menurut dia, tahun lalu ada 20 mahasiswa NTB yang mendapat beasiswa untuk belajar di Albukhary International University. "Di bulan Juni-Juli ini masuk tahap seleksi. Mudah-mudahan ada 40 orang tahun ini yang terkirim," katanya.