Warga Sumut diajak beralih gunakan kendaraan listrik

id berita sumut,pln uid sumut ajak masyarakat,berita medan terkini,pln uid sumut ajak masyarakat untuk beralih gunakan kend,Sumatera utara, Sumut

Warga Sumut diajak beralih gunakan kendaraan listrik

General Manajer PLN UID Sumut ​​​​​​​Awaluddin Hafid (nomor 1 dari kanan) memperkenalkan salah satu kendaraan listrik yang ada di Sumatera Utara kepada Rudianto Saragih Napitu, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara. (ANTARA/HO-Humas PLN UID Sumut).

Medan (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara terus mendorong dan mengampanyekan transisi energi bersih dengan mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

Penggunaan kendaraan listrik saat ini memang tengah hangat dan menjadi tren baru di kalangan masyarakat karena dianggap sebagai terobosan baru dan menjadi solusi dalam menekan emisi khususnya di kawasan pariwisata. "Kendaraan listrik sangat cocok digunakan di kawasan wisata karena menggunakan energi yang ramah lingkungan," kata General Manajer PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid, dalam keterangan yang diterima di Medan, Kamis.

Awaluddin menyebutkan pihaknya terus mendorong penggunaan kendaraan listrik khususnya di kawasan pariwisata yang ada di Sumatera Utara. Untuk itu PLN sudah membangun Stasiun Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa objek wisata seperti Parapat, Pangururan dan Brastagi. "Dukungan ini akan terus dilakukan dalam mewujudkan NZE tahun 2060," ucapnya. 

Sehari sebelumnya, Rabu (31/5), PLN Sumut juga memperkenalkan kendaraan listrik kepada Rudianto Saragih Napitu, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Toba.

Rudianto menyatakan mendukung program kendaraan listrik berbasis baterai yang ditetapkan oleh pemerintah. "Kami merasa senang dapat diperkenalkan kendaraan listrik langsung oleh PLN. Selain dapat mengurangi emisi yang dihasilkan, kendaraan ini juga tidak memiliki suara sehingga cocok bila digunakan di kawasan wisata," ujarnya.

Baca juga: PKB kendaraan listrik berbasis baterai nol persen
Baca juga: Tak hanya kurangi emisi, kendaraan listrik dorong pertumbuhan ekonomi UMKM


Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PLN dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dalam percepatan rasio elektrifikasi di Sumatera Utara.