Sambut seri perdana MXGP di Lombok, PLN siap hadirkan suplai listrik tanpa kedip

id PLN NTB,MXGP Lombok,Sirkuit Selaparang

Sambut seri perdana MXGP di Lombok, PLN siap hadirkan suplai listrik tanpa kedip

PLN NTB menyiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di sirkuit MXGP Selaparang, Kota Mataram. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - Setelah sukses menggelar di Sirkuit Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Mataram dipercaya menjadi tuan rumah ajang balap MXGP Lombok di Sirkuit Selaparang. 

Hanya sepekan berselang setelah MXGP Samota berlangsung, PLN kembali bersiap menyukseskan event yang akan digelar tahunan tersebut dengan layanan listrik aman dan andal. 

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo mengatakan progress kesiapan PLN saat ini telah mencapai 95 persen untuk mendukung event yang akan dihelat tanggal 1-2 Juli 2023 tersebut. Beberapa pekerjaan yang dilakukan seperti pembangunan jaringan tegangan rendah, mobilisasi dan kesiapan peralatan, pemeriksaan sistem proteksi dan juga memastikan kesiapan personel yang akan siaga.

"Total daya yang diperlukan adalah 913 kVA yang akan melistriki 13 titik di area evenr MXGP Lombok," katanya.

Sudjarwo juga menjelaskan untuk MXGP Lombok ini, PLN menyiagakan 280 personil di 17 lokasi siaga tersebar. PLN juga menyiapkan 47 unit kendaraan mobil, 12 unit kendaraan motor, 2 unit mobile genset, 7 unit mobile trafo, dan 7 unit mobile UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk keandalan.  

Selain itu, sebelumnya PLN juga telah melakukan pemeliharaan jaringan pada jalur yang akan menyuplai MXGP. Penyediaan radio komunikasi dan juga assesment di sisi transmisi dan kesiapan operasi mesin pembangkit dan juga back up gen set. 

Tidak hanya persiapan di sisi kelistrikan, dalam event tahunan ini PLN juga memasok 25.000 ton Fly Ash Bottom Ash, yakni material sisa pembakaran batu bara di PLTU Jeranjang yang digunakan sebagai sirkuit MXGP Lombok. 

Tak lupa, Sudjarwo juga kembali mohon dukungan dan sinergi dari seluruh stakeholder dan juga doa dari masyarakat NTB untuk kelancaran suplai pasokan listrik untuk MXGP Lombok. 

"Persiapan secara teknis sudah maksimal kami siapkan agar listrik aman dan andal. Namun, tentu saja semua ikhtiar kembali lagi harus mendapatkan ridho dari Tuhan dari Allah  SWT. Untuk itu kepada seluruh masyarakat, kepada seluruh stakeholder kepada para tokoh agama mohon agar kami didoakan agar acara bisa lancar dan sukses," ucapnya.