Pemkot gelar lomba "selakaran" sambut HUT Kota Mataram

id HUT Kota Mataram, lomba selakaran, pemkot Mataram,Mataram

Pemkot gelar lomba "selakaran" sambut HUT Kota Mataram

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mataram ke-30 Jemmy Nelwan sekaligus Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar lomba tradisi selakaran (bacaan syair barzanji yang dilantunkan dengan suara keras) dan zikir bersama menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 Kota Mataram pada 31 Agustus 2023.

Ketua Panitia HUT ke-30 Kota Mataram Jemmy Nelwan di Mataram, Selasa, mengatakan lomba selakaran ini dimaksudkan sebagai bagian dari visi religi di Kota Mataram.

"Selain itu, sebagai upaya menjaga tradisi budaya religi sekaligus memperkokoh tali silaturahim antar-umat beragama," katanya.

Hal itu sesuai dengan tema HUT ke-30 Kota Mataram, yakni indahnya keberagaman di Kota Mataram. Tema ini dipilih karena banyaknya suku, agama, dan ras yang ada di Mataram.

"Kendati dengan latar belakang berbeda, mereka tetap hidup rukun dan saling menghargai satu sama lainnya," katanya.

Jemmy yang juga Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram itu mengatakan kegiatan selakaran diikuti oleh 50 kelurahan se-Kota Mataram

Sebanyak 50 kelurahan akan bertanding atau sebagai tahap seleksi tingkat kecamatan dan pemenang masing-masing dari enam kecamatan yang akan berlomba tingkat Kota Mataram.

"Untuk jadwal lomba atau seleksi kelurahan, kami serahkan ke pihak kecamatan," katanya.