Wali Kota Mataram mengajak Pramuka komitmen kembangkan kepemimpinan

id Pramuka Mataram, HUT Pramuka,Wali Kota Mataram,Pramuka,Mataram

Wali Kota Mataram mengajak Pramuka komitmen kembangkan kepemimpinan

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Mataram, saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, dalam upacara peringatan hari jadi Pramuka ke-62 di Taman hiburan Loang Baloq, di Mataram, Senin (14/8/2023). ANTARA/HO-Diskominfo

Mataram (ANTARA) - Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengajak anggota Pramuka Kota Mataram untuk terus berkomitmen mengembangkan kepemimpinan yang efektif, mengasah keterampilan, serta mengamalkan nilai-nilai kepramukaan dalam tindakan nyata.

"Selain itu, anggota Pramuka juga harus mempertebal wawasan kebangsaan," kata Wali Kota Mataram selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Mataram, saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, dalam upacara peringatan hari jadi Pramuka ke-62 di Taman hiburan Loang Baloq, di Mataram, Senin.

Dalam perjalanan panjang selama 62 tahun, lanjutnya, Pramuka telah menjadi pilar dalam membentuk kepemimpinan, keterampilan, dan nilai-nilai positif dalam diri pemuda-pemudi, khususnya anggota Pramuka.

Hal ini menunjukkan semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang lebih profesional, dan memiliki wawasan kebangsaan.

"Hal ini menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur," katanya.

Peringanan Hari Pramuka ke-62 tahun 2023, mengangkat tema "Dengan peringatan Hari Pramuka ke-62 Mari kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan".

Hal itu, katanya, menggambarkan semangat dan sejarah Pramuka di Indonesia, serta memberikan pandangan tentang peran Pramuka dalam membentuk generasi yang tangguh dan berkontribusi positif serta memiliki wawasan kebangsaan.

"Harus tetap menanamkan Nasionalisme, cinta Tanah Air dan semangat bela negara", katanya.

Di sisi lain, tambahnya, pada tahun ini akan dilaksanakan sejumlah kegiatan Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Partisaka) Bakti Husada tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pendega Putra Putri Nasional serta Musyawarah Nasional gerakan Pramuka di Banca Aceh, Provinsi Aceh.

"Mari kita bersama-sama mendukung serta mensukseskan kegiatan-kegiatan tersebut dan saya berharap kiranya kakak-kakak dan adik-adik turut mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan tingkat nasional tersebut," katanya.