70th RI - Gubernur minta masyarakat NTB Teladani Semangat Veteran

id Veteran NTB

"Saya mengajak segenap lapisan masyarakat NTB serta generasi muda meneruskan perjuangan para veteran dalam membangun daerah dan bangsa sesuai dengan semangat perjuangan yang telah dilakukan para veteran untuk meraih kemerdakaan RI,"
Mataram (Antara NTB) - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi meminta masyarakat dan generasi muda meneladani semangat para veteran dalam mengisi pembangunan di daerah.

"Saya mengajak segenap lapisan masyarakat NTB serta generasi muda meneruskan perjuangan para veteran dalam membangun daerah dan bangsa sesuai dengan semangat perjuangan yang telah dilakukan para veteran untuk meraih kemerdakaan RI," kata Zainul Majdi pada upacara Hari Veteran Nasional ke-66 di Mataram, Senin.

Menurut dia, perayaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agusatus 2015 yang tinggal beberapa hari lagi 17 Agustus, sudah seyogyanya dimanfaatkan sebagai refleksi untuk mengenang sejarah detik-detik perjuangan para pejuang bangsa meraih kemerdekaan, di masa 70 tahun yang lalu.

Ia mengatakan setelah melalui catatan sejarah yang panjang melalui upaya-upaya perjuangan, lalu terbayar dengan diproklamirkannya kemerdekaan Republik Indonesia.

"Keberhasilan meraih kemerdekaan tidak lepas dari peran penting para pejuang bangsa, yang kini kita kenal dengan sebutan veteran," ujarnya.

Untuk itu, katanya, sebagai bentuk penghargaan atas dedikasinya kepada bangsa, Presiden ke 6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 30 tahun 2014, menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Veteran Nasional.

"Penetapan hari veteran nasional tentu saja disertai harapan agar setiap tanggal itu, masyarakat dapat memperingatinya dengan semarak, sembari mengingat, mengenang, dan menghayati perjuangan para veteran di masa lalu, sehingga semangat dan energi para veteran kita selalu berkobar di hati seluruh anak bangsa," tegasnya.

Untuk itu, di hari veteran nasional, orang nomor satu di NTB ini berpesan kepada segenap masyarakat perjuangan para veteran adalah perjuangan yang wajib diteruskan.

"Peringatan Hari Veteran Nasional ini adalah kesempatan kita bersama untuk berterima kasih sebesar-besarnya kepada para veteran di seluruh Indonesia, khusunya veteran yang ada di NTB yang berjumlah 565 orang atas perjuangann, pengorbanan, dan dedikasinya dalam meraih kemerdekaan RI," kata dia. (*)