Bima NTB perkuat pengembangan UMKM

id UMKM Kabupaten Bima ,Pemkab Bima,UMKM, Bima, NTB

Bima NTB perkuat pengembangan UMKM

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bima, Syaifudin saat membuka acara pelatihan UMKM di kantor Dinas Koperasi dan UKM setempat, Senin (18/9/2023) ANTARA/HO-Humas Pemkab Bima

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar pelatihan kewirausahaan dalam rangka memperkuat pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah setempat.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bima, Syaifudin, di Mataram, Senin, mengatakan, pemerintah daerah sangat fokus dan konsisten untuk mengembangkan produk usaha mikro kecil menengah secara berkelanjutan. "Kegiatan ini untuk untuk meningkatkan pengembangan dan produk UMKM di Kabupaten Bima," katanya

Ia mengatakan, pelatihan keterampilan teknis bagi usaha kecil dan menengah sangat penting sebagai wahana bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia.

"Pasca pelatihan, peserta diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan dan etos kerja produktif. Juga dapat menumbuhkan jiwa wirausaha yang merupakan modal dasar dalam menjalankan usaha," katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima, Dahlan mengatakan, UKM merupakan salah satu industri kreatif yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional. "Dengan pelatihan ini, diharapkan UMKM menjadi terampil dan mandiri, serta mampu membuka peluang usaha, dan menciptakan produk yang dapat bersaing di pasaran," katanya.

Baca juga: Wagub sebut keindahan Sembalun NTB tak kalah dengan Swiss
Baca juga: Bulog NTB distribusi beras SPHP murah


Kegiatan tersebut diikuti 35 calon wirausaha baru dan wirausaha pemula dan pelaku UMKM lainnya. Kegiatan itu diharapkan bisa meningkatkan pemahaman kewirausahaan dan SDM bagi pelaku UMKM di Kabupaten Bima. "Ini juga untuk meningkatkan kualitas produk dan pemasaran," katanya.