Penanganan stunting implementasi nilai Pancasila di Jayapura

id Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo,Stunting, Nilai Pancasila,Kasus Stunting di Papua

Penanganan stunting implementasi nilai Pancasila di Jayapura

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo (ANTARA/Yudhi Efendi)

Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo menyebut upaya pemerintah dalam penanganan stunting atau pertumbuhan lambat merupakan implementasi dari nilai-nilai luhur Pancasila.

“Apa yang kita (pemerintah) lakukan saat ini dalam upaya penanganan stunting merupakan bagian dari mengamalkan Pancasila,” kata Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Selasa.

Menurut Pj bupati, pengamalan nilai Pancasila di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangat luas maknanya. “Kita menangani kemiskinan ekstrem, inflasi, memberikan pelayanan yang baik itu bagian dari kita melaksanakan Pancasila,” ujarnya.

Dia menjelaskan Pancasila itu sendiri adalah menanamkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan.  “Kalau mau diuraikan sangat banyak sekali tetapi intinya sebagai warga negara harus berdoa-bersyukur, toleransi, mengamalkan ajaran agama, membantu sesama dalam kesulitan dan menjaga lingkungan,” katanya.

Baca juga: DP2KB Mataram menggencarkan program "dashat" turunkan stunting
Baca juga: PLN Sumut salurkan 500 paket bantuan pencegahan stunting


Dia menambahkan Kabupaten Jayapura harus memperkuat zona integritas kerukunan beragama sehingga menciptakan kehidupan yang aman, tenteram dan damai. “Kita harus sama-sama menjaga daerah ini untuk tetap aman dan kondusif sehingga upaya pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat tercapai,” ujarnya.