Manajemen PLTU Jeranjang peduli kesehatan warga pesisir

id PLTU Jeranjang

Manajemen PLTU Jeranjang peduli kesehatan warga pesisir

Dokter TNI AL dari Lanal Mataram memeriksa kondisi fisik warga lanjut usia di Dusun Jeranjang, Desa Taman Ayu, Lombok Barat, NTB, Selasa (26/4). (Awaludin/ANTARA NTB) (1)

"Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk komitmen PLTU Jeranjang untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekitar"
Lombok Barat (Antara) - Manajemen Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mengadakan pengobatan gratis terhadap ratusan warga lanjut usia sebagai bentuk kepedulian terhadap warga pesisir di sekitar perusahaan.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dipusatkan di Dusun Jeranjang, Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa.

Manajer Unit PLTU Jeranjang Ibnu Agus Santosa mengatakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mataram, sebagai pihak yang menyediakan tenaga dokter dan apoteker.

"Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk komitmen PLTU Jeranjang untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekitar," katanya.

Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis yang kedua kali tersebut, kata dia, terdiri atas pengobatan umum dan pengobatan gigi.

Namun, dari 200 warga lanjut usia yang memeriksakan diri, sebagian besar keluhannya adalah mengenai tekanan darah, gangguan pernapasan, masalah pencernaan, gatal-gatal kulit, demam dan batuk pilek.

Warga yang merasakan keluhan kesehatan diperiksa kondisi fisiknya, kemudian disuntik dan diberikan obat secara gratis sesuai resep dokter.

"Kami ingin keberadaan PLTU Jeranjang memberikan manfaat positif di tengah masyarakat sekitar perusahaan, tidak hanya dari sisi penyerapan tenaga kerja dari masyarakat lokal, tapi juga peduli terhadap kesehatan warga," ujar Agus.

Selain mengadakan pemeriksaan dan pengobatan gratis setiap tiga bulan sekali, manajemen PLTU Jeranjang juga menyalurkan makanan bergizi bagi para bayi bawah lima tahun (balita) melalui pos pelayanan terpadu (posyandu) di enam dusun Desa Taman Ayu.

Berbagai kegiatan sosial tersebut telah menjadi kegiatan rutin tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PLTU Jeranjang dalam mendukung kemajuan lingkungan dan masyarakat serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.

Kaur Daya Guna Potmar Lanal Mataram Kapten Laut Kustawarjo mengatakan, pihaknya terlibat dalam kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis tersebut karena warga Desa Taman Ayu berada di kawasan pesisir dan menjadi salah satu dari binaan Lanal Mataram.

"Kami ada program pembinaan di kawasan pesisir dan ada kesamaan dengan program tanggung jawab sosial perusahaan PLTU Jeranjang," katanya. (*)

Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar