Kesbangpol Bandung gencarkan sosialisasi pendidikan politik

id Pemerintah Kota Bandung,Kesbangpol,Bandung

Kesbangpol Bandung gencarkan sosialisasi pendidikan politik

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Bambang Sukardi saat memberikan keterangan di Plaza Balai Kota, Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/11/2023). (ANTARA/Rubby Jovan)

Kota Bandung (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung menggencarkan sosialisasi pendidikan politik bagi generasi muda di kota itu guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 

“Terus terang saja para pemuda di Kota Bandung mempunyai pemikiran yang kritis. Oleh karena itu kita terus melakukan pembinaan dan sosialisasi politik,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Bambang Sukardi di Bandung, Jumat.

Dirinya menyatakan kegiatan pendidikan politik penting dilakukan bagi para pemilih pemula. Sebab, daftar pemilih tetap (dpt) oleh generasi muda di Kota Bandung cukup mendominasi pada Pemilu 2024.

“Kita ingin menggugah partisipasi politik milenial ini, mereka harus diberikan kenyamanan dan datang ke tempat pemungutan suara nanti,” katanya.

Bambang menjelaskan penyelenggaraan pendidikan politik pada kalangan muda akan membentuk rakyat melek politik dan lebih kreatif dalam kegiatan pembangunan masyarakat.

“Karena kita membuka keran komunikasi supaya mereka bisa bersama-sama mengisi pembangunan ini terutama menciptakan Kota Bandung yang kondusif,” kata dia.

Bambang berharap pemberian pendidikan politik yang dilakukan oleh pihaknya dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mendatang.

“Jadi upaya yang kita lakukan bahwa Pemilu 2019 kita mencapai 87 persen lebih. Mudah-mudahan pada Pemilu 2024 ada peningkatan sampai 90 persen,” katanya.

Baca juga: Bandung Barat laksanakan pasar murah sediakan 110 ton beras
Baca juga: Bandung menduduki inflasi terendah di Jabar

Selain itu, kata dia, pihaknya dalam waktu dekat ini akan memberikan pendidikan politik bagi bagi berbagai organisasi masyarakat (ormas) di Kota Bandung. Menurut dia ormas sebagai organisasi yang aktif di tengah kehidupan bermasyarakat juga memiliki peran penting dalam Pemilu 2024 dalam menciptakan situasi yang kondusif.

“Kita akan mengundang 38 ormas besar untuk turut serta dalam kegiatan yang diadakan Kesbangpol Kota Bandung, itu pun sama intinya bagaimana kita menyongsong pemilu 2024 ini bisa berjalan dengan lancar damai dan berintegritas,” katanya.