Pansel Sekda Sumbawa Barat sampaikan tiga nama

id Sekda KSB

"Semua dari enam aparatur sipil negara yang ikut seleksi, memenuhi persyaratan, tiga di antaranya telah disampaikan kepada bupati"
Taliwang, Sumbawa Barat, (Antara NTB) - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, menyatakan telah menyampaikan tiga nama berperingkat terbaik kepada bupati.

"Semua dari enam aparatur sipil negara yang ikut seleksi, memenuhi persyaratan. Tiga di antaranya telah disampaikan kepada bupati. Dengan demikian kerja pansel sudah selesai," kata Kepala Sekretariat Pansel Calon Sekda Sumbawa Barat, A Malik Nurdin, di Taliwang, Senin.

Keenam ASN tersebut adalah A Aziz, yang saat ini menjabat sebagai Asisten Tata Praja dan Kesejahteraan sekaligus Pelaksana Tugas Sekda Kabupaten Sumbawa Barat, Amri Rahman, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa Barat.

Selanjutnya, Burhanuddin, staf ahli Bupati Sumbawa Barat, Dirmawan Kepala BPM Lingkungan Hidup, Hirawansyah staf ahli bupati, dan Nurdin staf khusus Bupati Sumbawa Barat.

Meski keenam calon dinyatakan memenuhi syarat, kata Malik, sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, tiga calon berperingkat terbaik telah diserahkan oleh tim seleksi kepada bupati.

Bupati Sumbawa Barat W Musyafirin akan memilih salah satu dari tiga kandidat tersebut untuk dikoordinasikan dengan Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi.

"Sudah diserahkan kepada bupati oleh pansel dan sifatnya rahasia," ungkap Malik menjawab pertanyaan wartawan tentang nama tiga orang tersebut.

Mengenai pelantikan sekda definitif, Malik menegaskan, hal itu menjadi kewenangan bupati.

"Yang jelas sesuai UU ASN, kepala daerah yang baru, bisa melaksanakan mutasi setelah enam bulan menjabat. Kalau berpatokan dari aturan tersebut maka pelantikan sekda baru bisa dilaksanakan pada Agustus karena pelantikan bupati/wakil bupati dilaksanakan pada Februari 2016," ucap Nurdin.

Sementara itu, beberapa orang kandidat calon Sekda Kabupaten Sumbawa Barat yang telah mengikuti seleksi enggan berkomentar terkait hasil seleksi yang telah diumumkan pansel.

"Kami yakin pansel telah bekerja dengan baik, itu saja," ujar salah satu peserta seleksi, Hirawansyah. (*)