Sumut fokus menyalurkan bantuan beras agar rampung sebelum Natal

id perum bulog sumut ,bantuan beras sumut ,keluarga penerima manfaat ,hari natal

Sumut fokus menyalurkan bantuan beras agar rampung sebelum Natal

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu. (ANTARA/Michael Siahaan)

Medan (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara fokus menyalurkan bantuan pangan beras periode Desember 2023 agar rampung sebelum Hari Natal pada 25 Desember. "Kami akan mengoptimalkan upaya supaya bisa selesai sebelum Natal," ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu di Medan, Senin.

Arif menyebut, pihaknya sudah mendiskusikan hal tersebut dengan penyalur bantuan di Sumut yakni PT Pos Regional I Sumatera. Menurut dia, PT Pos menyepakatinya dengan pertimbangan banyaknya hari libur pada bulan terakhir kalender Masehi tersebut.

"Bulan Desember itu banyak liburnya, makanya kami mau selesai paling lambat minggu ketiga," kata Arif.

Pada tahun 2023, Bulog Sumut telah menyalurkan dua tahap bantuan pangan beras untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayahnya. Tahap pertama dilakukan selama tiga bulan mulai Maret, kemudian dilanjutkan pada tahap kedua yakni periode September-November 2023. Lalu, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program itu sampai Desember 2023.

Untuk masa September sampai November 2023, Bulog Sumut sudah menuntaskannya 100 persen dengan total beras yang diberikan 27.189,84 ton. Bantuan itu diserahkan kepada 906.328 keluarga penerima manfaat (KPM) yang berhak mendapatkan 10 kilogram beras per bulan.

Baca juga: Bulog salurkan pangan Januari-Maret 2024 capai 27.000 ton di Sumut
Baca juga: Distribusi beras Program SPHP salah satu upaya bina RPK di Sulut

Pada Desember 2023, Bulog Sumut menyiapkan lebih dari sembilan ribu ton beras untuk bantuan pangan tersebut. Nantinya, seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, bantuan pangan beras untuk keluarga penerima manfaat itu akan terus disalurkan oleh pemerintah hingga Maret 2024.