Surat suara pemilihan legislatif Garut sudah dicetak

id Garut, KPU garut, pemilu 2024, pemilihan legislatif, kabupaten Garut

Surat suara pemilihan legislatif Garut sudah dicetak

Sejumlah petugas melakukan pembongkaran surat suara dari pabrik percetakan ke Gudang KPU Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (6/12/2022). (ANTARA/HO-KPU Garut)

Garut (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat menyampaikan saat ini sudah melakukan proses cetak surat suara untuk pemilihan legislatif tingkat DPRD Kabupaten Garut dengan mendapatkan pengawasan dan pengamanan secara ketat saat di pabrik percetakan maupun di gudang penyimpanan logistik pemilu.

"Khusus surat suara DPRD Kabupaten sudah dicetak," kata Ketua KPU Kabupaten Garut Junaidin Basri saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Rabu malam.

Ia menuturkan, surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Garut itu sudah diangkut ke Gudang Logistik KPU Garut yang mendapatkan pengamanan ketat dari kepolisian. Surat suara yang sudah tiba di Garut itu, kata dia, selanjutnya dilakukan pembongkaran untuk dikemas sebelum nanti didistribusikan ke masing-masing daerah pemilihan.

"Sudah diterima di Gudang KPU Garut Ciawitali, sekarang sedang bongkar," kata Junaidin.

Koordinator Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Garut Nuni Nurbayani menambahkan, surat suara sudah dicetak sejak 20 November 2023 dan diagendakan target selesai semuanya 4 Januari 2024.

Ia menyampaikan secara keseluruhan surat suara untuk pemilihan legislatif Kabupaten Garut sudah selesai, hanya tinggal daerah pemilihan (dapil) 6, sisanya lima daerah pemilihan sudah selesai dicetak di perusahaan percetakan PT Bawen Mediatama, Semarang, Jawa Tengah.

"Untuk surat suara DPRD sudah dicetak sejak 20 November 2023 dan diagendakan akan selesai tanggal 4 Januari 2024, tinggal mencetak surat suara dapil 6," katanya.

Ia mengatakan surat suara yang dicetak berdasarkan data pada daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2024 sebanyak 1.999.061 surat suara, ditambah 43.550 surat suara tambahan, jadi semuanya 2.042.611 lembar surat suara.

Surat suara yang sudah selesai dicetak itu, kata dia, sudah didistribusikan dari Semarang ke Garut dengan pengawalan ketat dari kepolisian, untuk selanjutnya KPU Garut melakukan penyortiran setiap surat suara yang datang sebelum didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Baca juga: KPU Bekasi terima 2.224.213 surat suara
Baca juga: KPU membuka peluang konten kreator jadi moderator debat Pemilu 2024


"Tiba di gudang hari ini, selanjutnya tahapan sortir dan lipat, untuk sortir dan lipat masih menunggu surat suara lain, sementara surat suara tersimpan di gudang utama di Ciawitali di bawah pengawasan Bawaslu dan Polisi," katanya.