Forkopimda Magetan Jatim memantau harga pokok di pasaran jelang Natal

id panatu harga,forkopimda magetan,magetan,jatim,natal dan tahun baru,pantau harga jelang natal

Forkopimda Magetan Jatim memantau harga pokok di pasaran jelang Natal

Forkopimda Magetan pantau harga dan ketersediaan bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2024. (ANTARA/HO-Diskominfo Kab Magetan)

Magetan (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Magetan, Jawa Timur memantau harga dan mengawasi peredaran barang di pasar tradisional dan modern wilayah setempat menjelang momentum hari raya Natal 2023 dan tahun baru 2024.

"Pemantauan ini untuk memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok aman, tercukupi, dan memastikan harga tetap stabil agar tidak terjadi inflasi," ujar Pj Bupati Magetan Hergunadi, Jumat.

Menurutnya, pemantauan dilakukan di antaranya stok elpiji, beras, gula pasir, minyak goreng, dan sejumlah bahan pokok penting lainnya.

"Kita sudah memantau beberapa tempat kebutuhan bahan pokok, baik dari elpiji, beras, minyak goreng dan lainnya. Dipastikan meski mendekati Natal dan tahun baru stok masih aman dan stabil," kata dia.

Ketua DPRD Magetan Sujatno mengatakan dari pantauan ada beberapa kebutuhan pokok seperti cabai rawit, telur ayam, beras, dan gula pasir yang mengalami kenaikan.

"Kita memastikan ketersediaan bahan pokok dan kestabilan harga. Prediksi sampai tahun baru sesuai hasil pemantauan aman dan tersedia," kata Sujatno.

Ia mengimbau kepada anggota TPID setempat untuk terus memantau pergerakan harga di pasaran. Selain itu, pihaknya juga meminta tim TPID dan satgas pangan untuk mempersiapkan strategi jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga bahan kebutuhan pokok yang tidak terduga.

Baca juga: Kenaikan harga sembako jangan berlarut pada tahun politik
Baca juga: Disdag Mataram memastikan harga kebutuhan pokok stabil jelang Maulid


"Harapannya agar tidak terjadi kenaikan harga yang sangat tinggi menjelang Natal dan tahun baru serta tidak terjadi kelangkaan barang di pasaran," katanya.*