Polda NTB intensifkan patroli laut saat momentum Nataru

id pengamanan kawasan perairan ntb, ditpolairud polda ntb, pengamanan laut momentum natal-tahun baru

Polda NTB intensifkan patroli laut saat momentum Nataru

Foto arsip-Aksi personel Ditpolairud Polda NTB melaksanakan patroli laut di kawasan perairan Lembar, Lombok Barat, Jumat (13/11/2020). (ANTARA/HO-Polda NTB)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat mengintensifkan kegiatan patroli laut saat momentum perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur Polisi Perairan dan Udara Polda NTB Komisaris Besar Polisi Kobul Syahrin Ritonga di Mataram, Kamis, menjelaskan bahwa pihaknya menggiatkan patroli laut ini berdasarkan perintah Kapolda NTB Irjen Polisi Raden Umar Faroq.

"Sesuai amanah Kapolda NTB, pada momentum perayaan Natal dan tahun baru, seluruh kapal dan personel yang kami miliki diminta secara intensif melaksanakan patroli laut," kata Kobul.

Salah satu tolok ukur pengamanan di kawasan perairan, jelas dia, terkait meningkatnya aktivitas penyeberangan dan kegiatan berlibur di kawasan wisata pantai.

"Seperti di Gili Trawangan, Meno, dan Air, itu salah satu kawasan wisata dengan kunjungan yang cukup tinggi pada akhir tahun. Kawasan itu jadi atensi pengamanan kami," ujarnya.

Dalam giat pengamanan, Ditpolairud Polda NTB turut mengingatkan kepada para pihak pengelola penyeberangan agar memastikan kesiapan sarana penyelamatan penumpang.

"Caranya, kami koordinasi dengan pihak pelayaran, mengingatkan agar faktor keselamatan harus tetap jadi yang utama," ucap dia.

Mengenai penanganan terhadap insiden korban tenggelam, Kobul mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim pencarian dan pertolongan dari BPBD.

"Soal itu, kami tetap utamakan upaya pencegahan dengan memberikan peringatan kepada para pengunjung kawasan pantai. Apabila ada insiden korban tenggelam, penyelamatan akan dilakukan oleh tim patroli yang bersiaga," katanya.

Baca juga: KM Dorolonda dua kali berlayar dari Medan pada Nataru
Baca juga: Ambon pantau stok dan harga komoditas jelang Natal


Begitu juga dengan mengawasi penyelundupan, tambah dia, situasi libur akhir tahun ini membuka peluang bagi jaringan narkoba untuk melakukan aksi penyelundupan.

"Pada intinya, pengamanan kawasan perairan yang kami laksanakan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan perayaan Natal dan liburan tahun baru. Kami upayakan pencegahan sejak dini terhadap seluruh potensi gangguan keamanan di laut," katanya.