Graha Yowana Suci Denpasar membuka pendaftaran tenant industri kreatif

id Pemkot Denpasar,graha yowana suci,tenant graha yowana suci

Graha Yowana Suci Denpasar membuka pendaftaran tenant industri kreatif

Bangunan Graha Yowana Suci tampak dari luar yang terletak di sudut Jalan Diponegoro dan Jalan Hassanudin Denpasar. ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

Denpasar (ANTARA) - Graha Yowana Suci di Kota Denpasar, Bali, sebagai wadah ruang tumbuhnya daya saing industri kreatif, kini membuka pendaftaran bagi tenant (penyewa) dengan usaha berbasis ekonomi kreatif dan kepemudaan yang akan mengisi tempat tersebut.
Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wiranata di Denpasar, Kamis, mengatakan Graha Yowana Suci memiliki visi utama sebagai wadah kreasi, ruang tumbuh dan daya saing industri kreatif di Kota Denpasar.

"Segmentasi pasar Graha Yowana Suci lebih mengarah pada remaja, dewasa muda, dan dewasa," kata Gus Kompyang didampingi Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Denpasar I Wayan Hendaryana.

Oleh karena itu, untuk mensukseskan keberadaan Graha Yowana Suci ini, pihaknya mengundang seluruh pelaku ekonomi kreatif di Kota Denpasar untuk bergabung mengisi tenant yang ada.

Graha Yowana Suci yang merupakan hasil renovasi Pasar Suci terletak di sudut Jalan Diponegoro dan Hassanudin Denpasar Proses pengisian tenant akan melalui berbagai tahapan kurasi sebelum ditetapkan. Seluruh usaha lokal yang meliputi bidang kerajinan, kuliner, fesyen, hobi, gaya hidup, dan usaha lainnya yang masuk dalam subsektor ekonomi kreatif dan atau dengan kepemudaan dapat mengikuti kurasi.

Selain usaha, kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan kreatif ataupun produk turunannya juga dapat mengisi ruang pada Graha Yowana Suci ini.

Ia menambahkan, secara umum seluruh pelaku usaha wajib memiliki tim bisnis kompeten, legalitas usaha (NIB), proposal bisnis meliputi profil usaha (narasi, branding dan sosmed), profil tim dan penanggung jawab usaha, konsep produk/jasa.

Selanjutnya memiliki menu, harga, rencana pemasaran dan proyeksi penjualan serta sertifikasi kompetensi jika memiliki. Adapun pendaftaran atau registrasi dapat dilaksanakan secara online melalui https://linktr.ee/grahayowanasuci.

"Sebagai ruang niaga dan wadah ekonomi kreatif, kami mengundang seluruh usaha lokal yang memenuhi persyaratan untuk ikut bergabung dan mengikuti kurasi sehingga bisa berproses dan bertumbuh bersama Graha Yowana Suci Kota Denpasar," ujarnya.

Gus Kompyang menjelaskan, nantinya pada tahapan kurasi, beberapa hal menjadi pertimbangan Tim Kurasi/Pokja. Beberapa diantaranya yakni narasi usaha dan penanggung jawab usaha, potensi dan proyeksi usaha, kesesuaian segmentasi pasar, sosial media serta dukungan komunitas, program dan kegiatan.

Baca juga: Ribuan pemuda di Karawang Jabar sambut cawapres Gibran
Baca juga: Menpora harapkan pramuka dapat menjadi sahabat generasi Z


Tahapan yang akan dilaksanakan dimulai dari pendaftaran atau registrasi peserta pada 5 - 15 Januari 2024, kurasi tahap I pada 16- 20 Januari 2024, wawancara tenant kurasi tahap II pada 24- 28 Januari 2024 dan pengumuman tenant akan dilaksanakan pada awal Februari.

"Kami membuka ruang seluas-luasnya bagi UMKM dan usaha lokal Denpasar untuk mengikuti kurasi, sehingga ke depannya kehadiran Graha Yowana Suci ini mampu memberikan kemanfaatan dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Kota Denpasar," ujarnya.