Timnas yakin pengaruh JK bisa menangkan AMIN di Sulsel

id Pemilu 2024,Pilpres 2024,Timnas AMIN ,Kampanye anies Muhaimin ,Kampanye anies ,Kampanye muhaimin ,Jusuf Kalla AMIN

Timnas yakin pengaruh JK bisa menangkan AMIN di Sulsel

Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn) Muhammad Ramli Rahim (dua kiri). ANTARA/Darwin Fatir

Jakarta (ANTARA) -
Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) meyakini pengaruh wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) di Sulawesi Selatan (Sulsel) akan mampu memenangkan pasangan calon nomor urut 1 itu pada Pilpres 2024.
 
Juru Bicara Timnas AMIN, Muhammad Ramli Rahim, mengatakan bahwa sosok JK sangat kuat dan positif di Pulau Sulawesi, khususnya di Provinsi Sulsel, sehingga akan mampu mendongkrak elektabilitas atau keterpilihan paslon nomor urut 1 itu dalam pilpres tahun ini.
 
"Terutama di Sulsel, Pak JK pasti punya pengaruh sangat besar, putra Bugis-Makassar paling sukses adalah beliau. Saya kira Pak JK akan menjadi patron rakyat Sulsel, dan saya kira juga di seluruh Indonesia oleh masyarakat Bugis-Makassar lainnya," kata Ramli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.
 
Dalam skala nasional, kata dia, ketokohan JK juga tidak diragukan karena sudah dua kali menjabat sebagai wakil presiden, serta malang melintang sebagai menteri dari era presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
 
Ramli menilai JK merupakan sosok yang penting saat mendampingi presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) karena memiliki visi ekonomi dan pembangunan sehingga pengaruhnya akan membawa kemenangan untuk AMIN pada Pilpres 2024.
 
Ia juga mengapresiasi Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu yang terlibat aktif berkampanye dengan Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI Muhaimin di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada hari ini.
 
Keterlibatan aktif itu, lanjut dia, memengaruhi pilihan masyarakat yang tidak hanya di Sulsel, tetapi di seluruh Indonesia.
 
Oleh karena itu, Ramli yang juga Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn) ini yakin keterlibatan aktif atau "turun gunung" JK akan sangat berpengaruh pada konstalasi politik di Indonesia.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga: Waktu debat dinilai terlalu singkat, anggota KPU: "Kami rasa sudah optimal"
Baca juga: Survei Ipsos sebut Efek Jokowi kian tingkatkan elektabilitas Prabowo-Gibran

 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.