BPBD Bima data dampak banjir terjang puluhan rumah di Monta

id Banjir Bima,bpbd bima,bima ntb,banjir ntb,dampak cuaca ekstrem

BPBD Bima data dampak banjir terjang puluhan rumah di Monta

Kondisi banjir di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Minggu (3/3/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bima)

Hari ini kita masih melakukan pendataan pasca banjir yang terjadi pada Selasa (5/3) sore

Mataram (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), melakukan pendataan dampak banjir yang menerjang puluhan rumah warga di Kecamatan Monta.

"Hari ini kita masih melakukan pendataan pasca banjir yang terjadi pada Selasa (5/3) sore," Kata Kepala BPBD Kabupaten Bima Isyrah di Mataram, Rabu.

Banjir yang menerjang puluhan rumah warga tersebut akibat hujan lebat yang disertai angin kencang melanda wilayah setempat sejak siang hingga sore hari. Akibatnya debit air di sungai Desa Tolouwi dan sungai di Desa Tolotangga meluap, kemudian merendam perumahan dan lahan pertanian pada dua desa tersebut.

"Ketinggian air mencapai lutut kaki orang dewasa," katanya.

Baca juga: Alhamdulillah!! Banjir di Kabupaten Bima surut

Berdasarkan data sementara jumlah rumah warga yang terkena dampak di Desa Tolouwi sebanyak 12 rumah dan di Desa Tolotangga sebanyak lima rumah. Namun banjir yang terjadi tersebut tidak membuat warga harus mengungsi, karena air telah surut pasca hujan berhenti.

"Warga yang mengungsi tidak ada. Korban jiwa juga tidak ada," katanya.

Baca juga: Puluhan rumah warga di Kabupaten Bima diterjang banjir

Ia mengatakan saat ini warga juga mulai membersihkan lumpur dampak banjir dan pihaknya masih melakukan pendataan terhadap kerugian dampak banjir tersebut serta kerusakan infrastruktur di daerah setempat.

"Proses pendataan belum rampung," katanya.

Baca juga: Warga terdampak banjir di sejumlah wilayah Kota Bima dievakuasi

Ia mengatakan dalam sepekan ini empat desa diterjang banjir setelah sebelumnya banjir melanda puluhan rumah warga di Desa Karumbu, Kecamatan Langgudu, dan Desa Labuhan Kananga, Kecamatan Tambora.

Oleh karena itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada saat terjadi cuaca ekstrem dan tidak membuang sampah ke sungai, sehingga tidak terjadi banjir.

"Total rumah warga yang terkena dampak banjir pada pekan ini sebanyak 230 yang terjadi di empat desa," katanya.