Ribuan wisatawan kapal pesiar dijadwalkan Lombok pertengahan Maret

id Kapal pesiar ,Lombok ,NTB,kapal pesiar lombok,Wisatawan

Ribuan wisatawan kapal pesiar dijadwalkan Lombok pertengahan Maret

Kapal pesiar saat sandar di Pelabuhan Gilimas, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB, Sabtu (9/3/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Barat

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan ribuan wisatawan menggunakan kapal pesiar dijadwalkan datang di Lombok melalui Pelabuhan Gilimas, Kecamatan Lembar pada pertengahan Maret 2024.

"Hari ini kapal pesiar Seaborn Oddysey sandar di Pelabuhan Gili Mas dan kapal pesiar ini sandar tanggal 11, 13 dan 19 Maret 2024," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Fajar Taufik, di Mataram, Sabtu.

Ia mengatakan pada Maret 2024 menjadi jadwal terpadat untuk kedatangan kapal pesiar di Lombok Barat. Sebelumnya juga kapal pesiar dari Bahamas, Ambience bersandar di Pelabuhan Gilimas dengan membawa 1.000 penumpang dan 450 kru.

Baca juga: Waktu sandar kapal pesiar di Pelabuhan Gilimas Lombok Barat meningkat

Wisatawan tersebut dijadwalkan untuk mengunjungi sejumlah tempat-tempat wisata yang ada di Lombok Barat, seperti Taman Lingsar, Taman Narmada, Pasar Seni Sesela, dan Senggigi serta destinasi wisata di Mandalika.

"Dari Januari hingga saat ini setidaknya ada 6 kapal pesiar yang bersandar dari total 25 kapal pesiar yang direncanakan bersandar di pelabuhan Gilimas," katanya pula.

Ia berharap kedatangan kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan ini bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan khususnya pelaku pariwisata dan UMKM untuk meningkatkan pendapatan.

Baca juga: Kapal pesiar Norwegian Jewel bawa 2.300 wisatawan ke Lombok NTB

"Tentu dimanfaatkan dengan cara yang positif ya, agar citra pariwisata tetap terjaga," katanya pula.

Untuk destinasi wisata yang dikunjungi, Taufik mengaku sudah bertemu dengan tur operator untuk menawarkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Lombok Barat.

"Karena jam kunjungan kapalnya relatif singkat, jadi pas sekali jika kami tawarkan tempat-tempat wisata yang ada di Lombok atau yang cukup terjangkau," katanya lagi.


Baca juga: Kapal pesiar Aida Bellla singgah di Pelabuhan Lembar angkut 2.030 wisatawan