BI NTB siapkan layanan penukaran uang hingga daerah 3T selama Ramadhan

id bi ntb, penukaran uang, daerah 3T,ramadhan,layanan

BI NTB siapkan layanan penukaran uang hingga daerah 3T selama Ramadhan

Warga menunjukkan beragam pecahan uang baru usai penukaran pada mobil kas keliling Bank Indonesia di halaman parkir Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Mataram, NTB, Rabu (20/3/2024). (ANTARA FOTO/Dhimas Budi Pratama/nym)

Pada intinya, kami berupaya menyediakan layanan selama Ramadhan untuk masyarakat di wilayah yang jauh dari jangkauan layanan perbankan
Mataram (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan layanan penukaran uang hingga daerah terdepan, terluar, dan terpencil (3T) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Berry Arifsyah Harahap melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Senin, menyampaikan, pihaknya juga membangun kerja sama dengan perbankan lain dalam upaya menjangkau seluruh.

"Pada intinya, kami berupaya menyediakan layanan selama Ramadhan untuk masyarakat di wilayah yang jauh dari jangkauan layanan perbankan," kata Berry.

Baca juga: Bank NTB layani penukaran uang baru menjelang Lebaran

Dia mengatakan bahwa BI NTB untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah telah menyiapkan uang sebanyak Rp3,63 triliun.

Jumlah tersebut diproyeksikan meningkat 5,3 persen dibandingkan tahun lalu, seiring dengan meningkatnya aktivitas ekonomi dan mobilitas masyarakat.

Dari jumlah tersebut, lanjut Berry, uang pecahan besar (UPB) sebesar Rp3,32 triliun dengan rentang nilai Rp100 ribu hingga Rp50 ribu, dan uang pecahan kecil (UPK) Rp20 ribu sebesar Rp306,9 miliar.

"Antisipasi ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang diproyeksikan mencapai Rp3,43 triliun, atau meningkat 5.3 persen dibanding tahun sebelumnya," ujarnya.

Baca juga: BI NTB: Penukaran uang peringatan kemerdekaan capai 103.150 lembar

Ia menyebutkan secara keseluruhan layanan penukaran uang tunai tersebar di 119 titik lokasi jaringan kantor bank di seluruh kabupaten/kota di NTB.

Selain itu, kegiatan kas keliling BI Provinsi NTB sebanyak 24 kali yang tersebar di 13 titik lokasi. Layanan kas keliling terpadu bersama perbankan di area parkir Masjid Hubbul Wathan Islamic Centre setiap hari kerja mulai 25 Maret hingga 5 April 2024.

Baca juga: BI memusatkan kas keliling Ramadhan di Mataram

Kegiatan layanan penukaran uang Rupiah di berbagai lokasi tersebut sebagai bagian dari program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) yang diluncurkan di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Kota Mataram, pada 20 Maret 2024.

Bank Indonesia menjalankan serangkaian kegiatan sebagai bagian dari upaya tahunan untuk mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) melalui kehadiran Rupiah yang berkualitas bagi masyarakat.

"Bank Indonesia berupaya memenuhi kebutuhan uang Rupiah di tengah tantangan seperti kondisi geografis, cuaca, moda transportasi, dan jalur distribusi," ucap Berry.

Baca juga: Jasa penukaran uang semakin berkembang di NTB