Ketua MPR mengajak sukseskan Pilkada serentak 2024

id MPR, Bambang Soesatyo, Pilkada Serentak, Pemilu, Bamsoet

Ketua MPR mengajak sukseskan Pilkada serentak 2024

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat sosialisasi empat pilar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/5/2024). (ANTARA/HO-Humas MPR)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak semua elemen bangsa untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada November 2024.

"Persaingan dan tensi politik di Pilkada serentak bisa jadi tidak kalah sengit dibandingkan pemilihan presiden (Pilpres). Karena itu, seluruh elemen bangsa harus kembali mawas diri," kata di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Ajakan itu disampaikan Bamsoet dalam sosialisasi empat pilar Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI).

Dia mengingatkan kepada seluruh kader FKPPI, setelah berhasil melalui Pemilu 2024 dengan baik, kini waktunya FKPPI kembali menjadi lokomotif dalam menjaga persaudaraan kebangsaan dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Jangan sampai karena perbedaan pilihan politik, membuat perpecahan di daerah," ujarnya.

Pilkada Serentak 2024 akan diikuti sebanyak 37 provinsi, serta 508 kabupaten/kota. Hampir seluruh provinsi dan kabupaten/kota di wilayah Indonesia, termasuk Papua, menyelenggarakan Pilkada Serentak. Kecuali Daerah Istimewa Yogyakarta yang tidak menyelenggarakan Pilgub, serta DKI Jakarta yang tidak menyelenggarakan Pilbup/Pilwakot. Karena proses kepemimpinannya sudah diatur dalam UU Nomor 13/2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta UU No.29/2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Baca juga: IMI dan IOF melibatkan KLHK serta Perhutani kejuaraan "off-road"
Baca juga: MPR calls for creation of adequate work environment for teachers


Menurut Bamsoet, para pemimpin di daerah harus meniru pemimpin di pusat sebagaimana yang sudah dicontohkan Prabowo-Gibran, Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, bahwa ada kalanya bertanding, ada kalanya bersanding.