Polres Lombok Barat perketat pengawasan seluruh pelabuhan jelang WWF di Bali

id Polres Lombok Barat,World Water Forum,Pengawasan Pelabuhan,Bali

Polres Lombok Barat perketat pengawasan seluruh pelabuhan jelang WWF di Bali

Sejumlah personel Polres Lombok Barat melakukan pemeriksaan kendaraan di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-Polres Lobar)

Lombok Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menggelar kegiatan imbangan operasi kepolisian "Puri Agung 2024" dalam rangka mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, pada 17-26 Mei.

Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi menjelaskan, kegiatan operasi tersebut bertujuan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Lombok Barat, khususnya di beberapa titik pelabuhan yang berpotensi menjadi akses langsung ke Bali.

"Operasi ini merupakan kegiatan imbangan dalam rangka pemeliharaan kamtibmas untuk menjamin keamanan dalam pelaksanaan penyelenggaraan (WWF) ke-10 di Provinsi Bali," katanya, di Kabupaten Lombok Barat, Jumat.

Menurutnya, strategi utama dalam operasi tersebut adalah mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, seperti patroli, pemeriksaan, dan imbauan kepada masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga membangun dua pos pengamanan, yaitu Pos Pengamanan Pelabuhan Lembar dan Pos Pengamanan Pelabuhan Gili Mas Lembar. 

"Kami juga menempatkan personel pengamanan di Pelabuhan Senggigi," ujarnya.

Gede Junaedi juga menekankan kepada seluruh jajarannya untuk mendukung kegiatan ini dengan maksimal. Salah satunya adalah menekankan kepada jajarannya untuk melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan di wilayahnya masing-masing.

"Saya harap seluruh jajaran dapat bersinergi dan bekerja sama dengan baik dalam mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan World Water Forum ke-10 di Bali," ucapnya.

Selain pengamanan di tiga lokasi utama, beberapa pelabuhan lain di Kabupaten Lombok Barat juga mendapat perhatian menjelang pelaksanaan World Water Forum ke-10. 

Pelabuhan-pelabuhan tersebut antara lain, Pelabuhan Gili Nangu - Sekotong, Pelabuhan Tawun - Sekotong Bangko-Bangko - Nusa Penida, Tembowong Sekotong, Pelabuhan Cemara - Lembar, dan Pelabuhan Teluk Sepi Buwun Mas Sekotong.

"Semua pelabuhan ini juga berpotensi memiliki akses langsung ke Bali, sehingga perlu mendapat pengawasan ketat," kata Gede Junaedi.

Dengan terjaganya Kamtibmas di wilayah hukum Polres Lombok Barat, diharapkan mendukung kelancaran pelaksanaan Ops Puri Agung - 2024, selama pelaksanaan World Water Forum ke-10 di Bali.