Tender proyek jalan di Mataram senilai Rp14,7 miliar

id dinas PUPR ntb, lelang jalan,Tender,proyek jalan

Tender proyek jalan di Mataram senilai Rp14,7 miliar

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Lale Widiahning. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah melaksanakan tender untuk proyek perbaikan jalan dengan nilai Rp14,7 miliar bersumber dari bantuan pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) 2024.

"Dengan anggaran Rp14,7 miliar itu, proyek jalan yang akan kita kerjakan pada tiga titik termasuk untuk penataan drainase di masing-masing titik," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Lale Widiahning di Mataram, Senin.

Tiga titik proyek perbaikan dan peningkatan kualitas jalan tersebut meliputi, pertama peningkatan kapasitas struktur jalan komplek perumahan di Jalan Swasembada Kota Mataram dengan pagu anggaran Rp4,5 miliar.

Kedua pemeliharaan berkala Jalan Umar Maya Cakranegara senilai Rp2,7 miliar dan ketiga kegiatan pemeliharaan berkala Jalan Batu Bolong (hotmix) senilai Rp7,5 miliar. Sedangkan untuk panjang masing-masing proyek jalan, Lale belum dapat merinci karena tidak membawa data saat ditemui di luar kantornya.

"Ketiga tender proyek pengerjaan jalan ini kita targetkan tuntas 15 Mei 2025," katanya.

Sementara untuk pengerjaan jalan, kata Lale, tidak membutuhkan waktu lama tapi yang membutuhkan waktu adalah persiapan pengerjaan karena harus dilakukan penataan untuk saluran seperti apa.

"Kalau pengaspalan bisa selesai sehari, tapi jalan tersebut harus uruk dan dipadatkan," katanya.

Di sisi lain Lale mengatakan, pengerjaan perbaikan dan penataan jalan dimaksudkan untuk mewujudkan infrastruktur jalan dalam kondisi mantap, agar dapat meningkatkan akses dan mobilitas masyarakat.

Selain itu, mendorong pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan layanan prima pemerintah kepada masyarakat dalam penyediaan infrastruktur transportasi, serta mewujudkan pemerataan pembangunan di Kota Mataram.

"Pada intinya, sasaran pokok pekerjaan pemeliharaan berkala jalan untuk mendukung kegiatan masyarakat di Kota Mataram," katanya.