Berikut profil Kajati NTB yang baru, Enen Saribanon

id enen saribanon, profil kajati ntb, profil enen, korps adhyaksa, kejati ntb

Berikut profil Kajati NTB yang baru, Enen Saribanon

Enen Saribanon saat menjabat sebagai Wakil Kejati Jambi sekaligus Plt. Kajati Jambi. ANTARA/Nanang Mairiadi

Mataram (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Nusa Tenggara Barat (NTB) Enen Saribanon pengganti Bambang Gunawan tercatat mengawali karier Korps Adhyaska di Kejaksaan Negeri (Kejari) Bekasi.

"Beliau memulai karier sebagai staf tata usaha dan jaksa fungsional pada tahun 1993 di Kejari Bekasi," kata Juru Bicara Kejati NTB Efrien Saputera di Mataram, Senin.

Berangkat dari Kejari Bekasi, Enen Saribanon melanjutkan karier dalam sejumlah jabatan struktural di beberapa satuan kerja Korps Adhyaksa.

Baca juga: Enen Saribanon jabat Kajati NTB gantikan Bambang

Dalam catatan kejaksaan, perempuan kelahiran Bekasi pada tahun 1969 tersebut pernah menjabat Kepala Subseksi (Kasubsi) Penuntutan di Bidang Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Kejagung) RI.

Berikutnya Kasubsi Teknologi, Informasi, dan Prodsarin Bidang Intelijen di Kejari Serang, Kepala Subbidang Hubungan Media dan Kehumasan di Pusat Penerangan Hukum Kejagung RI, pengkaji di Kejati DKI Jakarta, dan Kepala Kejari Boyolali.

Enen juga pernah menorehkan karier sebagai Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Perpajakan dan Pidana Pencucian Uang pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung RI.

Usai dari Kejagung RI, Enen kembali ke Bekasi dengan mengemban tugas sebagai Kepala Kejari Bekasi. Karier Enen kemudian melonjak setelah mendapat amanah sebagai Asisten Pengawasan (Aswas) Kejati Jawa Barat.

Berangkat dari pengalaman sebagai Aswas Kejati Jawa Barat, Enen mendapat kepercayaan sebagai Inspektur Muda Kepegawaian dan Tugas Umum pada Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan RI.

Tugas Enen pada Korps Adhyaksa kemudian berlanjut dengan mengemban jabatan koordinator pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung RI.

"Pada tahun 2020, beliau kemudian mendapat amanah untuk menjabat Wakil Kepala Kejati NTB," ujar Efrien.

Selama 2 tahun menjabat di NTB, Enen tercatat menempuh pendidikan hingga meraih gelar magister ilmu hukum.

Usai mendapat gelar magister, di awal tahun 2023, Enen kembali mendapat amanah yang sama sebagai Wakil Kepala Kejati Jambi.

"Pada tanggal 21 Mei 2024 sesuai dengan Surat Keputusan Jaksa Agung RI (Kepja) Nomor 121 Tahun 2024, beliau mendapat kepercayaan sebagai Kajati NTB," ucap dia.

Tindak lanjut dari kepja tersebut, kata Efrien, pelantikan Enen Saribanon menggantikan Bambang Gunawan akan berlangsung dalam waktu dekat di Jakarta bersama 77 pejabat eselon II dari Korps Adhyaksa.

"Sejauh ini belum ada petunjuk kapan pelaksanaannya (pelantikan). Yang jelas, pelantikan nanti akan berlangsung di Jakarta yang dipimpin langsung Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin," kata Efrien.