PTAM Giri Menang distribusi air bersih ke wilayah yang terdampak kekeringan

id drop air bersih PTAM,Wilayah kekeringan,air bersih,PTAM Giti Menang

PTAM Giri Menang distribusi air bersih ke wilayah yang terdampak kekeringan

Direktur Utama PT Air Minum (PTAM) Giri Menang H Lalu Ahmad Zaini (LAZ). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - PT Air Minum (PTAM) Giri Menang, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mendistribusikan air bersih untuk membantu masyarakat di wilayah yang terdampak kekeringan, yang tersebar pada hampir seluruh wilayah Kabupaten Lombok Barat.

"Pendistribusian air bersih ke wilayah terdampak kekeringan menjadi bagian melaksanakan fungsi sosial kemanusiaan," kata Direktur Utama PTAM Giri Menang H Lalu Ahmad Zaini di Mataram, Jumat di sela peringatan HUT PTAM Giri Menang ke ke-44 pada 14 Juni 2024.

Beberapa wilayah terdampak kekeringan antara lain di wilayah Lombok Barat bagian utara seperti di Batulayar dan di wilayah Lombok Barat bagian selatan.

Dengan demikian pihaknya selain menjalankan bisnis juga fokus melaksanakan fungsi sosial kemanusiaan dengan pengiriman air bersih menggunakan mobil tangki berkapasitas 5.000 liter per satu unit.

Ia mengatakan permintaan air bersih ke PTAM sangat tinggi sehingga durasi pengangkutan air diatur agar bisa merata. Hanya saja, dengan kondisi medan yang relatif sulit dan rata-rata berada di dataran tinggi, seperti di wilayah Batulayar, pendistribusian air menjadi terbatas.

"Untuk naik ke dataran tinggi di wilayah Batulayar itu hanya satu orang sopir yang sanggup," katanya.

Begitu juga untuk di wilayah bagian selatan. Karena itu pihaknya berharap agar komunitas atau pihak-pihak yang peduli kekeringan mengeluarkan mobil tangki dan mengisi air di PTAM secara gratis.

"Pendistribusian air bersih ke wilayah kekeringan ini menjadi salah satu bagian kegiatan sosial kemanusiaan kami," katanya.

Di sisi lain pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar hemat menggunakan air saat puncak musim kemarau, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ke depan.