KPU Rejang Lebong lakukan pemutakhiran data pemilih

id KPU Rejang Lebong ,pemutakhiran data ,data pemilih ,Pilkada 2024

KPU Rejang Lebong lakukan pemutakhiran data pemilih

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. (ANTARA/dokumen)

Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu,  melakukan pemutakhiran data pemilih Pilkada serentak Tahun 2024 tersebar dalam 15 kecamatan di daerah itu.

"Pemutakhiran data pemilih ini akan dilakukan oleh 793 petugas pantarlih tersebar dalam 156 desa/kelurahan di Rejang Lebong pada 24 Juni hingga 25 Juli mendatang. Hasil dari coklit ini nantinya akan menjadi daftar pemilih sementara sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilihan tetap atau DPT," kata Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Rejang Lebong Muhammad Anas Kholiq saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu.

Dia menjelaskan, pemutakhiran data pemilih ini akan dilakukan petugas pantarlih ini dengan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Pilkada serentak Tahun 2024 di Kabupaten Rejang Lebong dari Kemendagri mencapai 208.861 jiwa.

Pelaksanaan coklit oleh petugas pantarlih di Kabupaten Rejang Lebong, kata dia, akan menggunakan basis data elektronik coklit (e-coklit) dengan menggunakan HP android masing-masing petugas pantarlih.

Pelaksanaan coklit data pemilih pilkada setempat akan dilaksanakan di 443 tempat pemungutan suara atau TPS tersebar dalam 156 desa/kelurahan di Rejang Lebong, di mana setiap petugas pantarlih akan melakukan coklit terhadap 400 pemilih.

"Dari 443 TPS ini setelah kita lakukan pemetaan yang jumlah pemilihnya lebih dari 400 orang sebanyak 350 TPS, sedangkan 93 TPS lainnya jumlah pemilihnya di bawah 100 orang dan paling banyak 150 orang," terangnya.

Baca juga: KPU simulasikan penggunaan e-Coklit di Pilkada 2024
Baca juga: Mendagri atensi keamanan data pemilih pada Pilkada Serentak


Menurut dia, untuk TPS yang jumlah pemilihnya kurang dari 400 orang akan dilakukan oleh satu orang petugas pantarlih, dan untuk TPS yang jumlah pemilihnya lebih dari 400 orang akan dilakukan oleh dua orang pantarlih.

Sebelumnya DP4 Pilkada Rejang Lebong hasil sinkronisasi Kemendagri mencapai 208.681 jiwa, terdiri dari penduduk laki-laki 105.309 jiwa dan penduduk perempuan 103.372 jiwa.