Indeks kinerja di Pemkab Bima meningkat dari tahun sebelumnya

id Kabupaten Bima,NTB,Indeks kinerja

Indeks kinerja di Pemkab Bima meningkat dari tahun sebelumnya

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bima Suryadin. ANTARA/HO-Humas Pemkab Bima

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebut indeks kinerja pemerintah daerah setempat pada 2023 menunjukkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.7/6646 Tahun 2023 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, secara nasional kinerja Pemerintah Kabupaten Bima meningkat dibanding tahun sebelumnya.

"Nilai kinerja Kabupaten Bima berada pada angka 2.6560, yaitu pada kategori sedang atau di urutan 246 dari seluruh kabupaten/kota se-Indonesia," kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bima Suryadin melalui keterangan tertulisnya di Mataram, Kamis.

Baca juga: Pemkab Bima menggandeng Blitar pasarkan hasil produksi jagung petani

Sebagai perbandingan, katanya, pada tahun 2021 hasil penilaian laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) Provinsi NTB dan Kabupaten Bima sama-sama kategori rendah. Pada 2022, hasil penilaian kinerja LPPD Pemprov NTB berada pada kategori sedang dan Kabupaten Bima sangat rendah.

"Namun pada 2023, hasil penilaian kinerja LPPD Pemprov NTB dan Kabupaten Bima sama-sama kategori sedang," katanya.

Tren hasil penilaian kinerja LPPD Kabupaten Bima sepanjang kurun waktu tiga tahun terakhir yakni pada tahun 2021 rendah, 2022 sangat rendah, dan 2023 sedang.

"Hal ini menunjukkan adanya kecenderungan mengalami perbaikan," katanya.

Baca juga: Pemkab Bima mengusulkan penyesuaian HPP Jagung