Korban gempa sampaikan keluhan ke Fadli Zon

id Gempa NTB,Fadli Zon,Partai Gerindra

Korban gempa sampaikan keluhan ke Fadli Zon

Wakil Ketua DPR Fadli Zon. (Foto Antaranews NTB/Awaludin)

Kami ingin pastikan janji dari pemerintah karena itu salah satu fungsi DPR mengawasi supaya tepat sasaran
Lombok Barat (Antaranews NTB) - Para korban gempa menyampaikan keluhan tentang kondisi penanganan dampak gempa bumi yang belum optimal kepada Wakil Ketua DPR Fadli Zon, yang berkunjung ke posko di Dusun Lendang Bajur, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Selasa.

Ketua Posko Dusun Lendang Bajur, Desa Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Wayan Kantil, mengaku harus pro aktif jika ingin mendapatkan bantuan bahan makanan dari pemerintah.

"Lima hari setelah gempa bantuan bahan makanan sama sekali belum ada. Beruntung ada relawan yang datang mendistribusikan bantuan bahan makanan," katanya.

Ia juga menyampaikan perhatian dari pemerintah terkait bantuan tenda untuk sekolah darurat belum ada. Sementara kondisi bangunan sekolah dasar di Lendang Bajur rusak berat.

"Kami sudah melobi agar diberikan tenda berukuran besar untuk dijadikan sekolah darurat, tapi belum ada sampai sekarang," tutur Wayan.

Wayan juga menyebutkan total rumah rusak di wilayahnya sebanyak 210 unit, terdiri atas 30 rusak berat, sisanya rusak sedang dan ringan.

Namun hingga saat ini, belum ada satu pun warga yang sudah memperoleh bantuan dana untuk perbaikan rumah meskipun sudah diverifikasi oleh petugas.

"Kami terus bergerak agar bantuan yang dibutuhkan warga bisa diberikan, terutama tenda untuk sekolah darurat dan perbaikan rumah. Sembako juga masih sangat dibutuhkan untuk menyambung hidup," katanya.

Menanggapi keluhan warga terdampak gempa, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, mengaku sudah mengadakan pertemuan dengan kementerian/lembaga terkait koordinasi penanganan dampak bencana di Pulau Lombok dan Sumbawa.

"Kami sudah membahas masalah tersebut kemarin dan hari ini saya datang khusus melihat realitas penanganan bencana di lapangan. Jangan sampai dikatakan beres tapi kenyataan di lapangan lambat, bahkan tidak sampai sasaran," katanya.

Fadli Zon juga sudah meminta pemerintah mengecek langsung hingga ke masyarakat tingkat bawah karena pada kenyataannya masih ada warga yang belum merasakan langsung realisasi janji bantuan yang disebutkan pemerintah bahwa angkanya besar.

"Kami ingin pastikan janji dari pemerintah karena itu salah satu fungsi DPR mengawasi supaya tepat sasaran. Terutama yang sifatnya jangka menengah, yakni hunian sementara sebelum datang musim hujan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Fadli Zon yang didampingi anggota Komisi XI DPR Fraksi Gerindra dari Daerah Pemilihan NTB, H. Willgo Zainar, menyerahkan bantuan kebutuhan pokok dan logistik berupa terpal dan 200 lembar selimut.

Bantuan tersebut juga berasal dari Ikatan Keluarga Minang wilayah NTB di bawah koordinasi H. Willgo Zainar.

Politisi Partai Gerindra itu juga menjanjikan akan segera mengirim tenda berukuran besar untuk digunakan sebagai sekolah darurat bagi siswa sekolah dasar di Lendang Bajur. (*)