PLN sukses pasok listrik andal untuk MotoGP Mandalika 2024

id PLN,MotoGP Mandalika,Pasokan Listrik Andal,NTB

PLN sukses pasok listrik andal untuk MotoGP Mandalika 2024

Para pembalap MotoGP berlaga di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-PLN)

Lombok Tengah (ANTARA) - PT PLN (Persero) kembali membuktikan komitmennya dalam menyediakan listrik tanpa gangguan pada perhelatan MotoGP Mandalika yang digelar di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 27-29 September 2024.

Sepanjang ajang balap motor internasional ini, beban puncak listrik mencapai 2.786 kilo Volt ampere (kVA), dengan pemakaian tertinggi berada di area mainpit building yang mencapai 706 kVA.

PLN memastikan kesiapan seluruh infrastruktur kelistrikan sejak jauh hari sebelum acara dimulai. Langkah ini dilakukan guna mendukung kelancaran acara yang dihadiri ribuan penonton dari seluruh dunia.

Keberhasilan PLN dalam menjaga pasokan listrik ini tidak hanya menjadi kebanggaan nasional, tetapi juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Baca juga: PLN pastikan kelistrikan Lombok siaga MotoGP Mandalika 2024

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandi Satria, menyampaikan terima kasih atas kontribusi PLN dalam menyukseskan ajang MotoGP tahun ini.

"PLN telah menjawab tantangan kelistrikan dalam ajang MotoGP 2024. Terima kasih PLN, listrik yang stabil tanpa gangguan, demi nama baik Indonesia dan juga dunia," katanya.

Dari sisi teknis, pasokan listrik untuk ajang balap ini disuplai oleh sistem kelistrikan Lombok yang memiliki kapasitas daya sebesar 395 mega Watt (MW).

Dengan beban puncak harian yang mencapai 2.786 kVA di hari terakhir acara, PLN memastikan adanya cadangan daya yang memadai untuk mengantisipasi kebutuhan listrik tambahan di venue-venue utama, termasuk di lokasi VVIP.

Baca juga: PLN pastikan pasokan listrik aman pada hari pertama MotoGP Mandalika 2024

Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto, menegaskan bahwa seluruh pengamanan kelistrikan ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk selalu siap dan mendukung setiap event besar, baik nasional maupun internasional.

"Kami telah menyiapkan segala hal dengan matang, mulai dari pasokan daya, kesiapan infrastruktur, hingga personel. Ini adalah wujud komitmen PLN dalam mendukung setiap acara besar yang digelar di Indonesia," ujarnya.

Direktur Komersial ITDC, Troy Warroka juga menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas dukungan PLN selama perhelatan MotoGP 2024.

"PLN luar biasa, menyala terus memberikan sinar terang untuk Indonesia. Terima kasih PLN," ujar Troy, menekankan pentingnya pasokan listrik yang andal untuk kelancaran acara ini.

Baca juga: PLN NTB cek kesiapan kelistrikan jelang MotoGP Mandalika 2024

Sebagai penutup, Adi Priyanto juga mengucapkan terima kasih atas nama direksi kepada seluruh personel PLN yang telah bekerja keras untuk menjaga keandalan listrik selama ajang MotoGP Mandalika 2024.

"Terima kasih kepada seluruh personel yang sudah bekerja tanpa henti demi memastikan acara ini berjalan dengan aman dan lancar. Keberhasilan ini merupakan bukti nyata dari kerja keras kita semua," ucap Adi.

Puncak dari MotoGP Mandalika 2024 ditandai dengan kemenangan rider Pramac Ducati, Jorge Martin.

Martin tampil dominan sepanjang 27 lap dan berhasil menyelesaikan balapan dengan waktu 41 menit 4,389 detik.

Gelaran ini semakin menunjukkan peran penting PLN dalam memastikan setiap detik balapan berjalan lancar tanpa hambatan, memastikan penonton dapat menikmati momen bersejarah ini dengan kenyamanan maksimal.

Baca juga: PLN gelar apel siaga kelistrikan MotoGP Mandalika 2024