ICA Mataram apresiasi Bang Zul peduli penanganan kucing dan anjing liar

id Zulkieflimansyah,Kucing Liar,Pilkada 2024,NTB

ICA Mataram apresiasi Bang Zul peduli penanganan kucing dan anjing liar

Calon Gubernur NTB nomor urut 2, Dr H Zulkieflimansyah mengelus seekor kucing liar ketika bertamu di rumah salah seorang penduduk di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-IG)

Mataram (ANTARA) - Keberadaan kucing dan anjing liar di tengah masyarakat seringkali menimbulkan pro dan kontra. Sebagian orang merasa terganggu, namun tak sedikit pula yang peduli dan menginginkan hewan-hewan tersebut mendapatkan kehidupan yang layak.

Di Nusa Tenggara Barat, calon Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah atau yang akrab disapa Bang Zul, menunjukkan kepeduliannya terhadap penanganan kucing dan anjing liar.

Sikap tersebut mendapat apresiasi dari Ketua Indonesia Cat Association (ICA) Cabang Mataram, Suci Rahmatyah. Ia menyampaikan apresiasinya melalui akun Instagram ceritabangzul.official pada Kamis (17/10).

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi niat dari Pak Zul yang ingin lebih dekat dengan anabul," katanya.

Baca juga: Bang Zul soroti pentingnya pendidikan bagi anak muda NTB

Suci berharap Bang Zul dapat membantu mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh kucing liar yang berkeliaran bebas.  

"Ke depannya, Bapak bisa membantu kami, seperti steril dan kastrasi untuk meminimalisir populasi kucing-kucing liar yang di jalanan, di pasar dan di tempat umum," ujarnya.

ICA melihat bahwa dukungan dari pemerintah provinsi sangat penting dalam upaya pengendalian populasi kucing liar. Program sterilisasi dan kastrasi massal diharapkan dapat  mengurangi jumlah hewan yang berkeliaran dan  meminimalisir potensi gangguan  bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Suci juga mengingatkan masyarakat untuk ikut peduli terhadap keberadaan kucing liar.

"Ingat semeton (saudara - red), jangan lupa untuk sayang terhadap para anabuls yaa karena mereka juga merupakan makhluk ciptaan Tuhan," pesannya.

Baca juga: Zul-Uhel janjikan pembangunan jalan lingkar selatan Lombok

Ia menekankan bahwa setiap makhluk hidup berhak mendapatkan perlakuan yang baik. Kucing liar, meskipun hidup di jalanan, tetap  membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari manusia.

Menanggapi apresiasi dari ICA, Dr H Zulkieflimansyah mengungkapkan bahwa ketertarikannya pada kucing berawal dari kecintaan sang istri, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, terhadap hewan berbulu tersebut.

"Bu Niken yang suka, saya biasa-biasa saja, tapi saya beradaptasi. Kucing bisa mendatangkan catlover. Ini ibu-ibu rescuer, sehingga kita bergerak ke arah yang positif untuk kemaslahatan anjing dan kucing," jelas Bang Zul.

Calon Gubernur NTB nomor urut 02 itu menyadari bahwa kepedulian terhadap hewan adalah hal yang positif. Ia pun mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh komunitas pecinta hewan, seperti ICA, dalam menangani  kucing dan anjing liar.

Baca juga: PKS: Zul-Uhel bisa membalikkan situasi Pilkada NTB
Baca juga: Pengamat: Tradisi Pembangunan NTB berkelanjutan, tak diganti di tengah jalan