Tiga perpustakaan dapat nominasi BI "corner award"

id Tiga perpustakaan,BI corner

Tiga perpustakaan dapat nominasi BI "corner award"

Laura berpose usai menjadi pembicara dalam acara bedah buku di perpustakaan MPR RI (Ist)

Mataram (Antaranews NTB) - Tiga perpustakaan di Nusa Tenggara Barat masuk dalam nominasi calon penerima penghargaan "Bank Indonesia (BI) Corner Award 2018" setelah ketiganya melalui proses penilaian oleh tim dari Jakarta.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB, Wahyu Ari Wibowo, di Mataram, Senin, mengatakan, tim dewan juri dari kantor pusat Bank Indonesia telah melakukan assessment atau penilaian terhadap perpustakaan Pondok Pesantren Selaparang di Kediri, Kabupaten Lombok Barat, dan Universitas Muhammadiyah Mataram, serta Perpustakaan Daerah NTB.

"Ketiga perpustakaan tersebut telah menerima BI Corner pada 2017. Sekarang mereka masuk nominasi calon penerima BI `Corner Award` 2018 dari total 471 BI Corner di seluruh Indonesia yang dinilai," katanya.

BI Corner merupakan pojok atau fasilitas yang memberikan edukasi tentang peran dan fungsi bank sentral melalui koleksi cetak maupun elektronik. Fasilitas tersebut juga menyediakan informasi mengenai perkembangan terkini perekonomian dan keuangan.

Menurut Wahyu, dalam visitasi yang dilakukan Tim Penilai BI Corner, ketiga perpustakaan harus mempresentasikan pengelolaan pojok BI di perpustakaan masing-masing dan menyiapkan segala dokumen sebagai bukti dari penilaian diri yang telah dikirimkan kepada dewan juri beberapa bulan yang lalu.

Sementara itu, Hendra Nazaldi, salah satu dewan juri dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia, menjelaskan pojok BI merupakan salah satu bentuk program sosial Bank Indonesia yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

"Kami akan melakukan konfirmasi kepada para nominasi calon penerima BI `Corner Award` terhadap jawaban poin-poin penilaian yang telah disampaikan secara tertulis," ujarnya.

Selain dari Bank Indonesia, para dewan juri juga berasal dari Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, yakni Muhammad Nguzer, dan Ahmad Sofyan dari Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia (APISI).

BI "Corner Award" 2018 yang baru pertama kali diadakan akan memilih juara terbaik nasional per kategori dan juara per kategori.

Ketiga nominasi dari NTB berasal dari kategori yang berbeda-beda. Pondok Pesantren Selaparang masuk ke dalam kategori SMA/sederajat, Universitas Muhammadiyah Mataram masuk ke dalam kategori perguruan tinggi, dan Perpustakaan Daerah NTB masuk ke dalam kategori umum.