Produksi sampah di Lombok Barat mencapai 175,4 ton per hari

id produksi sampah,sampah di Lombok Barat,Lombok Barat

Produksi sampah di Lombok Barat mencapai 175,4 ton per hari

Seorang perempuan mencari sampah plastik di muara sungai Jangkuk, Ampenan, Mataram, NTB, Rabu (28/11/2018). Sebagian besar sampah yang terdapat di muara sungai Jangkuk terdiri dari sampah plastik yang dibuang warga ke sungai dan terbawa ke pinggiran pantai Ampenan. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww. (1)

Bentuknya lebih banyak sampah plastik
Mataram (Antaranews NTB) - Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat, I Gusti Ayu Swasti Astuti, menyebutkan produksi sampah di daerahnya mencapai 175,4 ton per hari.

Dari total produksi sampah tersebut, pihaknya hanya mampu menangani 60,83 persen. Sebanyak 101,76 ton atau 58,01 persen bisa diangkut ke tempat pembuangan akhir, sedangkan 4,95 ton atau 2,82 persen bisa diolah dengan 3R.

"Dari total produksi sampah itu, 9,95 persen berbentuk sampah yang sulit terurai. Bentuknya lebih banyak sampah plastik," ujarnya di Mataram, Senin.

Menurut dia, sampah plastik tersebut yang menjadi fokus Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat. Namun dalam praktiknya, sampah plastik tersebut harus mendapat perlakuan khusus karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai.