Mau tahu gejala awal seseorang terkena rabies

id Rabies,gigitan anjing,gigitan kucing

Mau tahu gejala awal seseorang terkena rabies

Vaksinasi Rabies Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB memberikan vaksin rabies pada kucing milik warga di Ciomas, Bogor, Jabar, Senin (11/11). Vaksinasi rabies dilakukan untuk mencegah serangan hewan peliharaan yang terjangkit virus rabies terhadap manusia dan penyebaran virus tersebut ke hewan peliharaan di wilayah Kabupaten Bogor. (ANTARA FOTO/Jafkhairi)

Mataram (Antaranews NTB) - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat menyebutkan  saat ini jumlah rabies telah mencapai 761 kasus dengan jumlah terbanyak berada di Kabupaten Dompu 714 kasus, Sumbawa 21 kasus dan Bima 26 kasus.

Bahkan Kabupaten Dompu dan Sumbawa telah ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus rabies.

Bagaimana untuk mengetahui seseorang terkena rabies, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Yusfi Khalid dalam laman Diskominfo Sumbawa Barat menyebutkan belum ada metode penanganan yang tepat yang dapat mengatasi rabies dan telah menimbulkan gejala.

Gejala rabies biasanya muncul sekitar 4-12 minggu setelah pasien tergigit hewan yang terinfeksi. Gejala awal yang muncul meliputi demam, otot melemah, kesemutan,dan sakit kepala.

Terdapat gejala lanjutan yang dapat muncul pada penderita rabies. Gejala lanjutan tersebut merupakan penanda bahwa kondisi pasien semakin memburuk.

Jika sampai terjadi kasus gigitan caranya adalah mencuci bekas gigitan pada air yang mengalir selama 15 menit menggunakan deterjen, setelah itu dibawa ke puskesmas dan akan dilakukan tindakan dengan memberikan Virus Anti Rabies (VAR).

Virus penyebab rabies ditularkan oleh anjing melalui gigitan, cakaran, atau air liur. Namun, terdapat pula hewan lain yang dapat membawa virus rabies dan menularkannya ke manusia, seperti kucing, kera, musang, bahkan kelinci.