UKM ujung tombak meningkatkan kualitas perekonomian

id UKM,mataram,wakil wali kota

UKM ujung tombak meningkatkan kualitas perekonomian

Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana saat membuka acara lomba peragaan busana dan bazar UKM Kota Mataram yang dilaksanakan Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Mataram. (Foto: ANTARA News/Humas)

Mataram (ANTARA) - Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengatakan usaha kecil menengah (UKM) bisa menjadi ujung tombak dalam rangka meningkatkan kualitas perekonomian khususnya di Kota Mataram, melalui transaksi-transaksi menguntungkan.

Pernyataan itu disampaikan wakil wali kota saat memberikan sambutan sebelum membuka acara lomba peragaan busana dan bazar UKM Kota Mataram yang dilaksanakan Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Mataram dengan tema "Mataram Budaya Mutiara Gemilang 2019", di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa.

Karenanya, lanjutnya, melalui kegiatan pameran UKM, para pelaku usaha dapat memamerkan, memperkenalkan profil perusahaan, serta memasarkan produk UKM baik dalam bentuk kerajinan tangan maupun olahan pangan.

"Kegiatan ini sekaligus menjadi tolok ukur sejauh mana penerimaan publik terhadap hasil karya UKM," katanya.

Di samping itu, kegiatan bazar UKM bisa menjadi peluang bagi para investor yang ingin berinvestasi, sebab para pengunjung yang datang tidak hanya sekedar ingin membeli atau melihat melainkan juga ingin berinvestasi.

Untuk itu, ajang ini menjadi peluang pelaku usaha untuk mengekspresikan dan menampilkan performa karena kegiatan ini bagian industri kreatif, upaya mengangkat sumber daya lokal yang dimiliki, untuk dikombinasikan menjadi sebuah seni.

"Kami berharap gagasan kreatif dari para pelaku usaha dapat konsisten, agar bisa mengangkat berbagai kerajinan dan SDM dan SDA yang kita miliki sebagai khasanah kekayaan bagi kita," katanya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Mataram, Yance Hendra Dirra di sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini juga sebagai ajang menumbuhkembangkan industri kreatif salah satunya fesyen.

"Selain itu, kegiatan ini untuk memberikan mereka semangat dan ajang 'unjuk gigi' berbagai hasil produk yang dihasilkan terutama dengan menggunakan bahan dasar tenun khas produk lokasi," katanya.

Oleh karena itu, selain menampilkan bazar UKM, juga dilaksanakan lomba peragaan busana tingkat PAUD/SD, SMP dan tingkat aparatur sipil negara (ASN).

"ASN di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) Mataram, juga kita minta berpartisipasi sekaligus menyemarakkan HUT Korpri ke-48," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar