Lagi-lagi, Harimau mangsa seekor anak sapi di Sungai Jariang Agam

id Sumatera,Kambing,Hewan ternak,Sapi,Harimau

Lagi-lagi, Harimau mangsa seekor anak sapi di Sungai Jariang Agam

Arsip - Seekor Harimau Sumatera berada di dalam kandang BKSDA Wilayah II Sumatera Barat, Padang, Rabu (29/8/2018) malam (ANTARA/Muhammad Arif Pribadi/aa)

Mataram (ANTARA) - Seekor anak sapi milik Wismardi (54) warga Cumateh, Jorong Sungai Jariang, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumbar ditemukan mati diduga dimangsa harimau Sumaterepada Rabu sore (25/12).

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra di Lubukbasung, Kamis, mengatakan anak sapi dengan usia enam bulan itu mengalami luka pada bagian punggung.

"Anak sapi itu diduga dimangsa Harimau Sumatera karena ada tanda-tanda di bagian tubuh dan lokasi gembala sapi itu," katanya.

Ia menceritakan, anak sapi beserta sembilan ekor lainnya digembalakan di Tenpat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Cumateh.
 
Jejak harimau. (Dok BKSDA)


Biasanya pemilik ternak membawa sapi itu ke kandang tidak jauh dari lokasi, namun dengan curah hujan cukip tinggi, pemilik tidak sempat untuk membawa pulang.

Pada Rabu (25/12), pemilik akan memberi rumput sapinya dan melihat anak sapi sudah tidak bergerak.

Pemilik mencoba mengobati anak sapi itu, namun tidak tertolong dan mati.

Pemilik melaporkan ke anggota Polres Agam dan anggota Polres Agam dan BKSD turun ke lokasi dan menemukan tanda-tanda satwa berupa jejak kaki yang diduga Harimau Sumatera.

Sebelumnya masyarakat juga pernah melihat jejak harimau berkeliaran di lokasi, akan tetapi kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi. Harimau menerkam bagian punggung sap
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar