Legislator prediksi mayoritas DPRD NTB wajah baru

id Legislator prediksi mayoritas DPRD NTB wajah baru

Legislator prediksi mayoritas DPRD NTB wajah baru

Sejumlah legislator memprediksi mayoritas anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2014-2019 merupakan wajah baru, karena caleg petahana yang berpeluang kembali terpilih hanya 20-an orang dari total kursi 65 orang. (Euforia caleg petah

"Kami sudah hitung-hitungan dan hanya sekitar 20-an orang caleg petahana yang berpeluang terpilih kembali, sehingga otomatis akan didominasi oleh wajah baru," kata Anggota DPRD Provinsi NTB periode 2009-2014 H Muzihir.
Mataram (Antara Mataram) - Sejumlah legislator memprediksi mayoritas anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2014-2019 merupakan wajah baru, karena caleg petahana yang berpeluang kembali terpilih hanya 20-an orang dari total kursi 65 orang.

"Kami sudah hitung-hitungan dan hanya sekitar 20-an orang caleg petahana yang berpeluang terpilih kembali, sehingga otomatis akan didominasi oleh wajah baru," kata Anggota DPRD Provinsi NTB periode 2009-2014 H Muzihir, yang didampingi anggota DPRD NTB lainnya, di Mataram, Senin.

Muzihir merupakan satu dari 20-an orang caleg petahana yang berpeluang kembali terpilih menjadi anggota DPRD NTB, yang didasarkan pada dukungan suara hasil pemilu legislatif 9 April 2014.

Meskipun belum ada rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi NTB, namun Muzihir dan caleg-caleg lainnya sudah bisa memprediksi calon-calon anggota DPRD NTB yang terpilih.

Menurut dia, umumnya calon anggota DPRD NTB hasil pemilu 2014 itu bukan terpilih karena mampu menembus angka Bilang Pembagi Pemilh (BPP), namun karena akumulasi suara parpol yang menekankan caleg suara terbanyak.

Muzihir misalnya, hanya meraih tujuh ribu lebih suara, namun ia terbanyak meraih suara diantara caleg-caleg lainnya dalam satu partai sehingga ia yang paling berpeluang kembali terpilih menjadi anggota DPRD NTB periode lima tahun berikutnya, di daerah pemilihan NTB 1 (Kota Mataram).

"Kami sesama caleg petahana sudah seringkali mengutak-atik angka-angka dukungan suara dan bisa tahu siapa-siapa saja yang akan kembali menjadi anggota DPRD NTB, dan itu jumlahnya tidak banyak, hanya 20-an orang saja," ujar politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Hal serupa diungkapkan politisi dari PDI Perjuangan Ruslan Turmudji, yang juga membenarkan prediksi yang disampaikan Muzihir.

Menurut Ruslan, memang sudah bisa diketahui jika merujuk kepada perolehan suara masing-masing caleg petahana.

"Ya, sekitar 20-an orang saja yang akan kembali terpilih, dan itu berarti sebagian besar calon anggota DPRD NTB periode lima tahun ke depan merupakan wajah baru," ujar Ruslan yang mengaku sudah bisa memastikan dirinya juga kembali terpilih.

Caleg petahana lainnya di DPRD Provinsi NTB juga membenarkan prediksi akan ada mayoritas wajah baru di DPRD NTB.

Bahkan, secara beramai-ramai mereka menyebut 20-an orang caleg petahana yang berpeluang kembali terpilih, didasarkan pada hasil penghitungan suara di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Kini, tahapan Pemilu 2014 masih pada proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan berakhir 17 April 2014.

Selanjutnya, rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten/kota yang dijadwalkan sampai 25 April, dan mulai 26 April rekapitulasi dilakukan di tingkat KPU provinsi. (*)