NTB raih tiga penghargaan bidang pembangunan nasional

id NTB raih tiga penghargaan bidang pembangunan nasional

NTB raih tiga penghargaan bidang pembangunan nasional

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih tiga penghargaan di bidang pembangunan nasional, yang disampaikan pada pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, 30 April 2014, yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoy

"Tiga jenis penghargaan itu yakni pangripta nusantara, MDGs, dan inovasi daerah dalam pelayanan publik," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB H Chaerul Maksul.
Mataram (Antara Mataram) - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih tiga penghargaan di bidang pembangunan nasional, yang disampaikan pada pembukaan Musrenbangnas di Jakarta, 30 April 2014, yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Tiga jenis penghargaan itu yakni pangripta nusantara, MDGs, dan inovasi daerah dalam pelayanan publik," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB H Chaerul Maksul, di Mataram, Jumat.

Anugerah Pangripta Nusantara atau penghargaan dalam rencana pembangunan nasional dimaksudkan untuk mendorong provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan kualitas rencana pembangunan daerah menuju "top goal" percepatan perwujudan kesejahteraan masyarakat.

Penilaian anugerah Pangripta Nusantara dalam berbagai aspek mulai dari sejauh mana keterkaitan" Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), keterpaduan antarrencana pembangunan daerah dan pusat, tingkat kedalaman substansi materi RKPD, dan keterukuran rencana pembangunan dibuat baik menyangkut target sasaran hingga lokasi kegiatan.

Di samping itu, terdapat aspek proses perencanaan "topdown" dan "bottom up", proses-proses politik yang terjadi dalam proses perencanaan, serta ada tidaknya inovasi-inovasi dalam perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana yang lebih baik.

Anugerah Pangripta Nusantara diberikan dalam dua kategori, yakni kategori A mencakup daerah-daerah yang lebih maju atau memiliki kemampuan fiskal besar, dan kategori B meliputi daerah yang sedang tumbuh dan berkembang dengan kemampuan fiskal terbatas.

Masing-masing kategori dibagi dalam dua kelompok juara yakni juara utama dan juara pratama.

Untuk tahun anggaran 2013, Provinsi NTB meraih gelar juara utama terbaik ketiga dalam kategori B, bersanding dengan provinsi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Kini di tahun anggaran 2014, Presiden Yudhoyono kembali menganugerahkan kepada Provinsi NTB juara utama ketiga kategori B, bertahan atas apa yang diperoleh tahun sebelumnya, bersanding dengan Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sumatera Selatan.

"Tentu perolehan ini menjadi pemacu semangat dan komitmen kita semua untuk menghadirkan rencana pembangunan daerah provinsi dan kabupaten/kota yang lebih baik ke depan," ujar Chaerul.

Untuk anugerah pencapaian MDGs, Provinsi NTB pada 2014 menyabet dua gelar juara, yakni juara terbaik pertama pencapaian terbanyak indikator MDGs 2011-2013, dan Juara terbaik pertama kategori laju pencapaian MDGs 2011-2013.

Hal yang sama diraih NTB atas penilaian di tahun anggaran 2013 yang memperoleh juara terbaik pertama dalam tiga kategori yakni laju pencapaian MDGs, laju penurunan angka kemiskinan, dan tingkat kedalaman pencapaian MDGs.

NTB pun mengukir prestasi dalam program Kampung Media yang dengan menjadi salah satu "Nine Top" inovasi daerah dalam pelayanan publik tingkat nasional.

"Prestasi ini adalah persembahan untuk semua masyarakat NTB yang telah bersama-sama membangun daerah ini lebih baik dan tentunya prestasi ini akan terus memacu kebersamaan, semangat dan komitmen untuk membawa daerah ini lebih maju dan bermartabat dan sejahtera," ujarnya. (*)